Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan Wajib atau Tidak? Ternyata Begini Hukumnya

Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan Wajib atau Tidak? Ternyata Begini Hukumnya

Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan Wajib atau Tidak? Ternyata Begini Hukumnya--

RADARUTARA.ID- Jelang memasuki Ramadhan, ziarah kubur menjadi salah satu tradisi bagi sebagian besar umat Muslim, khususnya di Indonesia. Lalu bagaimana sih sebenarnya hukum ziarah kubur sebelum Ramadhan

Pada saat ziarah kubur biasanya banyak orang datang ke makam orang tua dan keluarga. Kebiasaan ini dilakukan bersamaan dengan membersihkan kuburan dan menaburkan bunga hingga air kepada makam. 

Ini, bertujuan untuk mendoakan almarhum supaya dimaafkan segala dosa selama hidupnya. Namun jangan salah kaprah dengan tradisi ziarah kubur sebelum Ramadhan, ini untuk meminta doa kepada leluhur atau kuburan. 

Yang harus diingat, adalah ziarah kubur supaya tidak menjadi hal yang musyrik dengan meminta-minta di kuburan. 

BACA JUGA:Kiamat Makin Dekat, Ada Tanda Muncul dari Bawah Samudra Atlantik

Dikutip dari NU Online, awal mulanya Rasulullah SAW juga pernah melarang tradisi ziarah kubur ini. Dengan alasan, karena keimanan masyarakat saat itu masih lemah dengan pola pikir yang masih di dominasi kemusyrikan dan kepercayaan kepada para dewa serta sesembahan. 

Hal, itu dilarang karena Rasulullah SAW khawatir, tradisi berziarah malah menjadi ajang menyembah kuburan. Namu, seiring waktu tradisi ziarah pun diizinkan oleh Rasulullah SAW. Hal tersebut dijelaskan melalui hadist berikut: 

حديث بريدة قال : قال رسول الله صلى الله علية وسلم :"قد كنت نهيتكم عن زيارة القبور فقد أذن لمحمد في زيارة قبر أمه فزورها فإنها تذكر الآخرة"رواة الترمذي

Artinya:

"Rasulullah SAW bersabda 'Saya pernah melarang berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarahlah..! Karena hal itu dapat mengingatkan kamu kepada akhirat'."

BACA JUGA:Persiapan Jelang Ramadhan, ini 5 Ponsel Rp1 Jutaan Berteknologi Canggih yang Wajib Dibeli

Doa ziarah kubur

Setelah mengetahui hukum ziarah kubur sebelum Ramadan, ada doa yang bisa diucapkan.  Anda bisa membaca salah satu doa yang cukup singkat dan biasa dibacakan saat kegiatan nyekar.

Berikut doa ziarah kubur

َللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa 'Aafihi Wa'fu 'ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi' Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa'i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A'idhu Min 'Adzaabil Qabri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: