Berikut 11 Caleg Terpilih Dapil IV Bengkulu Utara Hasil Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK

Berikut 11 Caleg Terpilih Dapil IV Bengkulu Utara Hasil Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK

Perolehan suara di Dapil IV DPRD Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2024 di wilayah dapil IV Bengkulu Utara (Ketahun, Putri Hijau, Napal Putih, Ulok Kupai, Marga Sakti Sebelat dan Pinang Raya) telah usai.

Dengan demikian, capaian hasil masing-masing Parpol berikut Caleg potensial menduduki jatah 11 kursi di wilayah dapil IV Bengkulu Utara pun, sudah dapat terploting sesuai raihan suara yang diperoleh oleh masing-masing Parpol dan Caleg di wilayah dapil neraka ini.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh radarutara.id yang mengacu kepada hasil rekap data D Hasil Pleno di enam kecamatan di dapil IV. Parpol PDIP tetap bertahan sebagai pemenang dengan perolehan total suara Parpol dan Caleg yang mencapai 20.821 suara, disusul oleh Golkar mencapai 12.336 suara, PAN 6.359 suara, Gerindra 5.229 suara, Perindo 4.567, Nasdem 4.412 suara, PKB 4.268 suara, PKS 3.153 suara dan Hanura 1.749 suara.

Atas perolehan suara itu, maka dapat dipastikan PDIP sebagai pemenang hanya mampu mempertahankan 3 kursi lamanya. Sementara ambisi PDIP untuk mendapatkan kursi ke 4 dipastikan pupus. Ini disebabkan perolehan suara pada kursi ke 4 PDIP terpaut atau selisih sekitar 1.000 suara lebih oleh perolehan PKS yang mampu mendulang total suara Parpol dan Caleg sebesar 3.153. Dengan demikian dapat dipastikan, PKS berhak untuk mempertahankan satu kursi lamanya meskipun berada di urutan ke 11 atau terakhir.

Selanjutnya perolehan suara terbanyak kedua berhasil diraih oleh Parpol Golkar dengan total capaian 12.336 suara yang juga berhasil mempertahankan dua kursi lamanya. Di susul oleh Parpol PAN dengan perolehan 6.359 suara, Gerindra 5.229 suara, Perindo 4.567, Nasdem 4.412 suara, PKB 4.268 suara, PKS 3.153 suara dan Hanura 1.749 suara. 

"Sebelumnya kita sempat optimis berhasil meraih 4 kursi untuk di dapil IV. Namun setelah melihat perolehan suara berdasarkan hasil pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2024 yang berlangsung di tingkat kecamatan, pada akhirnya suara yang kita peroleh hanya mampu mempertahankan 3 kursi gemuk," ujar salah seorang pengurus Parpol PDIP Bengkulu Utara, Jumadiyanto.

Jumad, pria ini akrab disapa, mengakui bahwa kursi ke 4 PDIP di dapil IV Bengkulu terpaut sekitar 1.200 suara dengan perolehan suara yang berhasil dikumpulkan oleh PKS.

"Untuk mendapatkan posisi kursi terakhir, kita terpaut sekitar 1.200 suara dengan PKS. Sehingga hari ini PKS berhak mendapatkan kursi terakhir itu," imbuhnya.

Lebih jauh Jumad, memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh Parpol yang saat ini masih mampu memperoleh dan mempertahankan kursi lamanya di dapil IV Bengkulu Utara. Jumad berharap, siapapun Caleg yang berhasil meraih suara terbanyak dan menduduki 11 kursi di dapil IV Bengkulu Utara, ini nantinya mampu memberi kontribusi positif dan energi baru untuk kemajuan Bengkulu Utara, khususnya wilayah dapil IV Bengkulu Utara. 

"Selamat atas capaian yang berhasil di raih oleh masing-masing Parpol. Selanjutnya, siapapun Caleg yang nantinya diberi amanah untuk berada di 11 kursi di dapil IV Bengkulu Utara ini mampu berkontribusi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya, terkhusus di wilayah dapil IV Bengkulu Utara," tandasnya. 

Selanjutnya, jika merujuk kepada hasil keseluruhan Parpol dan Caleg dan di konversi ke metode Sainte Lague (pembagian kursi) maka berikut ini hasilnya:

- Kursi 1: Hendri Sahat Mangasih Situmorang, ST, MM dengan perolehan 4.567 suara (PDIP)

- Kursi 2: Wakidi, SIP dengan perolehan 3.537 suara (Golkar)

- Kursi 3: Parmin, SIP dengan perolehan 4.237 suara (PDIP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: