Ingat, Nisfu Syaban 2024 Jatuh Pada Tanggal Ini, Jangan Lupa Lakukan Amalan

Ingat, Nisfu Syaban 2024 Jatuh Pada Tanggal Ini, Jangan Lupa Lakukan Amalan

Ingat, Nisfu Syaban 2024 Jatuh Pada Tanggal Ini--

RADARUTARA.ID - Ketahui bulan bulan Syaban sudah berlangsung sejak Minggu (11/2) lalu. Kebanyakan orang mungkin masih bertanya-tanya, Nisfu Syaban 2024 jatuh di tanggal berapa?

Syaban adalah bulan ke-delapan dalam tanggalan Hijriah. Bulan ini disebut memiliki banyak keistimewaan untuk umat Islam. Syaban juga merupakan bulan yang datang tepat sebelum bulan Ramadhan dengan penuh kemuliaan.

Salah satu yang paling ditunggu di dalam bulan ini yaitu datangnya malam Nisfu Syaban atau biasa disebut malam pertengahan bulan Syaban.

Malam Nisfu Syaban juga biasa disebut sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan. Di bulan ini Allah akan membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Beasiswa S1 di Unhan Dibuka Sampai Akhir Febuari, Begini Syarat Lengkapnya

Itu sebabnya, umat Islam disarankan untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah tertentu sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sangking istimewaannya, banyak orang yang bertanya, Nisfu Syaban 2024 jatuh di tanggal berapa?

Hal ini karena umat Islam tidak ingin melewatkan keistimewaan malam ini untuk diisi dengan berbagai amalan ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Menurut Kalender Hijriah Indonesia terbitan Kementerian Agama RI, Nisfu Syaban ditahun ini jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah, atau jika dalam kalender Masehi bertepatan pada tanggal 25 Februari 2024.
Dengan begitu, malam Nisfu Syaban sendiri jatuh pada tanggal 24 Februari 2024.

BACA JUGA:Ada Larangan Mencabut Uban dalam Islam? Ini Penjelasan Selengkapnya dari Ustaz Abdul Somad

Ada berbagai amalan yang disunahkan pada malam Nisfu Syaban, diantaranya seperti memperbanyak salat sunah, zikir, memohon ampun, serta membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.

Bahkan, umat Islam disunahkan untuk banyak memanjatkan doa pada malam Nisfu Syaban. Dalam sebuah hadis tercantum doa yang bisa dipanjatkan pada malam Nisfu Syaban. Doa ini dijamin tidak akan ditolak.

Yang Artinya: Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan Malam Idul Adha"

Itu dia penjelasan tentang Nisfu Syaban 2024 jatuh di tanggal berapa. Alangkah baiknya dicatat supaya kamu tidak melewatkannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: