Tiga Desa di Ulok Kupai Ditarget Harus ODF Tahun Ini

Tiga Desa di Ulok Kupai Ditarget Harus ODF Tahun Ini

Desa di Ulok Kupai ditarget raih ODF--

RADARUTARA.ID- Tiga desa di Kecamatan Ulok Kupai ditargetkan harus mampu lolos pada program Open Defecation Free (ODF) di tahun 2024 ini. Tiga desa, itu adalah Desa Tanjung Dalam, Desa Pagardin dan Desa Pondok Bakil.

Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Kecamatan Ulok Kupai, Harmen, SKM, memastikan, target ODF kepada tiga desa di wilayah kerjanya, itu sudah melalui proses perencanaan, persiapan dan menjadi komitmen bersama. Sehingga Harmen, optimis target ODF kepada tiga desa di wilayah kerjanya, itu bisa tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan. 

"Karena memang hanya tinggal tiga desa, ini saja yang belum ODF. Dan kita targetkan tahun ini ketiga desa itu bisa lolos ODF mengikuti tujuh desa lainnya yang sudah lebih awal lolos ODF," tandas Harmen.

BACA JUGA:Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK Ditarget Tuntas Hari Ini, Logistik Pemilu Segera Kembali ke Gudang KPU

BACA JUGA:3 TPS Di kota Bengkulu Bakal Gelar Pemungutan Suara Ulang

Untuk mengoptimalkan capaian ODF, ini Harmen, meminta kepada masing-masing desa yang sebelumnya sudah berkomitmen untuk mendukung tercapainya program ODF, ini agar dapat memprioritaskan kebutuhan anggaran yang digunakan untuk memfasilitasi pengadaan jamban bagi warganya yang saat, ini belum memiliki jamban.

"Harapan kami di pencairan tahap awal nanti masing-masing desa bisa mengalokasikan dan memprioritaskan anggarannya untuk pengadaan jamban bagi masyarakat yang sebelumnya sudah kita data belum memiliki jamban," pintanya.

Di sisi lain, Harmen, memastikan, upaya pendampingan oleh tim dari Puskesmas kepada tiga desa yang ditargetkan ODF, ini terus dilakukan. Harmen optimis, dengan sinergitas dan kerjasama yang baik antara seluruh lintas sektor, target ODF ini mampu tercapai.

"Ketika tiga desa, ini ODF. Maka total 10 desa di wilayah kerja kita secara keseluruhan 100 persen sudah ODF dan memenuhi kriteria kecamatan sehat," demikian Harmen.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: