Pantai Malabero, Spot Terbaik untuk Berburu Ikan Asin Tanpa Pengawet di Bengkulu

Pantai Malabero, Spot Terbaik untuk Berburu Ikan Asin Tanpa Pengawet di Bengkulu

Pantai Malabero, Spot Terbaik untuk Berburu Ikan Asin Tanpa Pengawet di Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Pantai Malabero ini memang sudah terkenal sebagai pusatnya mencari oleh-oleh Ikan Asin dari Bengkulu. Hal ini di karenakan sepanjang pantai ada beberapa warga yang menjajakan ikan asin di sepanjang jalan Pantai Malabero.

Selain itu kawasan ini memang merupakan salah satu pos utama bagi para nelayan Bengkulu untuk menjangkarkan kapal-kapal motor ukuran kecil milik mereka. Pantai Malabero sangat terkenal, karena di sini menjadi salah satu spot tongkrongan makan favoritnya anak muda di Bengkulu, bersantai sambil ngobrol dan makan, tak lupa menikmati semilir angin dan juga deburan ombak.

Kawasan Pantai Malabero memang sudah sejak lama terkenal menjadi sentra penjualan ikan asin di kota Bengkulu. Kawasan pemukiman nelayan ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang memang sengaja datang untuk membeli produk dan  olahan ikan asin.

BACA JUGA:Resep Klanting yang Gurih dan Renyah, Jajanan ala Pasar Tradisional Bengkulu

Ada banyak jenis ikan asin olahan, mulai dari beleberan, billy, bulu ayam, teri, sampai ikan pari yang menjadi produk buatan nelayan di Pantai Malabero. Sedangkan beberapa produk lain mendapat kiriman dari luar daerah, ada cumi asin dan gabus laut asin. 

Para pengrajin disini menjamin kalau ikan asin yang diproduksi oleh nelayan di Malabero memang diproses secara baik. Ikan hasil tangkapan nelayan dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu.

Tidak menggunakan bahan pengawet atau bahan tambahan yang berupa zat kimia berbahaya. Pengawet yang dipakai hanyalah garam sebagai pengawet alaminya.

BACA JUGA:Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin di Bulan Sya’ban 2024, Lengkap dengan Tata Caranya

Walaupun hanya direndam air garam, ikan asin akan bertahan sampai berbulan bulan. Bahkan beberapa jenis diantaranya dapat bertahan sampai melebihi satu tahun.

Sekarang ini produk ikan asin di Malabero biasanya masih sangat mandiri dan memang benar-benar swadaya masyarakat. Bisa dilihat dari pengemasan yang polos dan tak mencantumkan merek, izin sampai tanggal kardaluarsa.

Para pengrajin di sepanjang Pantai Malabero masih sangat membutuhkan pihak yang bisa mendukung pertumbuhan UMKM ikan asin di kota Bengkulu. Hal itu dikatenakan kawasan ini sudah menjadi destinasi wisata oleh-oleh olahan hasil laut yang lengkap di Kota Bengkulu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: