Harusnya Wanita Lebih Baik Sholat di Masjid atau di Rumah? Ini Kata Buya Yahya

Harusnya Wanita Lebih Baik Sholat di Masjid atau di Rumah? Ini Kata Buya Yahya

Harusnya Wanita Lebih Baik Sholat di Masjid atau di Rumah? Ini Kata Buya Yahya--

RADARUTARA.ID- Bagi setiap umat muslim yang sholat di Masjid akan mendapat banyak keutamaan. Mulai dari berjalannya saja ke Masjid, langkahnya sudah dihitung sebagai pahala dan akan dihapuskan satu dosa serta dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT. Demikian di dalam hadist riwayat Ibnu Majah dan Muslimin.

Diungkapkan dalam hadist bahwa, orang yang duduk di masjid sambil menunggu waktu sholat akan di doakan oleh malaikat. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

اَلْمَلاَئِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِيْ مُصَلاَّهُ الَّذِي صَلَّى فِيْهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ.

Artinya: “Para Malaikat akan selalu bersholawat kepada salah seorang di antara kalian selama ia berada di masjid dimana ia melakukan shalat, hal ini selama ia wudhu’nya belum batal, (para Malaikat) berkata: ‘Ya Allah, ampunilah ia, ya Allah, sayangilah ia.’”

BACA JUGA:Resep Klanting yang Gurih dan Renyah, Jajanan ala Pasar Tradisional Bengkulu

Itu hanya beberapa keutamaannya dari sholat di masjid. Jelas masih ada banyak lagi keutamaan sholat di masjid yang lebih besar pahalanya. Melihat keutamaan luar biasa, itu maka sholat di masjid adalah pilihan tepat bagi umat muslim, apa lagi dilakukan di awal waktu dan secara berjamaah. 

Kendati demikian, ada beberapa daerah yang mayoritas sholat di masjid adalah laki-laki. Sedangkan perempuan memilih sholat di rumah. Kondisi, ini pun membuat persoalan yang ditanyakan seorang jamaah Al Bahjah kepada Buya Yahya. Sebenarnya, sholat wanita lebih baik di masjid atau di rumah?

Buya Yahya sekaligus pengasuh LPD Al Bahjah mengatakan, sebaiknya sholat radhu laku-laki adalah masjid. Dan sebaik-baiknya sholat fardhu wanita adalah di rumah. Apapun sholat Sunnah baik laki-laki maupun perempuan sebaikny dilakukan di rumah. 

BACA JUGA:Mbah Moen Ungkap Alasan Kenapa Sya'ban Disebut Sebagai Bulan Ruwah

Meskipun disarankan untuk sholat di rumah tapi bukan berarti sholat di masjid dilarang. 

“Nabi pun mengatakan, jangan kau larang wanita masuk masjid. Silakan wanita masuk masjid, sholat di masjid. Jangan sampai seperti sebagian kelompok mengatakan perempuan jangan masuk masjid. Perempuan dilarang masuk masjid tapi dipersilakan masuk mall, kan kacau nanti,” ukar Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Jumat 16 Februari 2024. 

Dikatakan Buya Yahya wanita boleh saja di masjid dengan beberapa catatan salah satunya apa bila di rumah wanita tersebut banyak gangguan sehingga membuat sholat tidak khusyuk. 

“Kalau rumahmu tidak sehat, masjid lebih bagus bagi wanita. Jika rumahmu tidak terhormat, masjid lebih baik bagi seorang wanita,” ujar ulama kharismatik bernama lengkap KH Yahya Zainul Ma’arif ini.

“Kalau Anda merasa lebih nyaman di masjid dan lebih khusyuk, (dengan alasan) di rumah banyak gangguan, maka Anda melakukan (sholat di masjid),” imbuhnya 

BACA JUGA:Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin di Bulan Sya’ban 2024, Lengkap dengan Tata Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: