5 Keutamaan Menjalankan Puasa di Bulan Sya'ban, Akan Mendapat Syafaat di Hari Akhir?

5 Keutamaan Menjalankan Puasa di Bulan Sya'ban, Akan Mendapat Syafaat di Hari Akhir?

5 Keutamaan Menjalankan Puasa di Bulan Sya'ban, Akan Mendapat Syafaat di Hari Akhir?--

RADARUTARA.ID - Puasa merupakan salah satu amalan ibadah yang mempunyai kedudukan tinggi dalam agama Islam.

Bukan hanya di bulan Ramadan saja, ternyata bulan-bulan lainnya juga mempunyai keutamaan tersendiri dalam agama Islam, terutama bulan Syaban.

Bulan Sya'ban merupakan bulan yang dianggap istimewa bagi umat muslim, dan yang berpuasa di bulan ini mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa.

Bulan Sya'ban kerap dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan Ramadhan yang akan memghampiri. Dengan melakukan puasa di bulan Sya'ban, umat muslim membersihkan jiwa dan meningkatkan ketaatannya kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Pesona Bukit Daun, Tempat Favoritnya Pendaki Sejati di Rejang Lebong Bengkulu

Berikut ini merupakan keutamaan puasa di bulan Sya'ban.

1. Amal-Amal Manusia Diangkat oleh Allah SWT

Keutamaan puasa Sya'ban yang pertama yaitu diangkatnya amal-amal manusia oleh Allah SWT. Diriwayatkan  Usamah bin Zaid RA dirinya pernah bertanya kepada Rasulullah SAW.

"Ya Rasulullah, aku tidak melihat engkau berpuasa pada bulan-bulan lain seperti engkau berpuasa pada bulan Sya'ban." Rasulullah menjawab, "Bulan itu (Sya'ban) merupakan bulan yang dilupakan oleh manusia, yakni bulan di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan itu merupakan bulan diangkatnya amal-amal manusia kepada Tuhan semesta alam. Aku suka amal-amalku diangkat, sementara aku sedang berpuasa." (HR. Abu Daud dan Nasa'i)

2. Mendapatkan pahala dari tujuh orang nabi

Seperti yang disampaikan oleh Rasulullah SAW:

"Bagi siapa yang berpuasa tiga hari di awal dan pertengahan serta diakhir bulan sya'ban, niscaya Allah akan menuliskan untuknya pahala dari tujuh puluh orang Nabi, dan seperti orang beribadah kepada Allah selama tujuh tahun, dan kalau dia mati pada tahun itu maka dia sebagai pahlawan syahid."

BACA JUGA:Pesona Bukit Daun, Tempat Favoritnya Pendaki Sejati di Rejang Lebong Bengkulu

3. Puasa untuk mengagungkan ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: