Pesona Danau Tapak Kaki di Puncak Gunung Daun Bengkulu

Pesona Danau Tapak Kaki di Puncak Gunung Daun Bengkulu

Pesona Danau Tapak Kaki di Puncak Gunung Daun Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Kalau kamu ingin berlibur menikmati perkebunan sembari mendaki, Bukit Daun bisa menjadi salah satu pilihan untuk destinasi liburanmu. Tempatnya sejuk, nyaman, serta pemandangan alam hijau yang terbentang luas.

Selain itu, ada pula hutan lindung dengan jutaan jenis flora dan fauna. Bukit yang mempunyai ketinggian 2.467 mdpl ini terletak di kawasan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Bukit Daun merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di provinsi Bengkulu sesudah Gunung Hulu Airpulus dan Gunung Belirang yang ada di Kabupaten Kaur.

Bukit Daun juga termasuk salah satu gunung dari deretan Pegunungan Bukit Barisan wilayah Bengkulu. Di kaki bukit, ada objek wisata yang menarik untuk kamu datangi, yang bernama Telaga Tujuh Warna dan Telaga Gadang.

BACA JUGA:Catat, Ini Tips Mencoblos agar Suara Dinyatakan Sah saat Pemilu 2024

Kedua tempat wisata ini, ramai didatangi oleh warga lokal ataupun mancanegara. Ada pula Danau Telapak Kaki yang lokasinya dekat ke puncak bukit.

Bukit Daun ini lebih cocok menjadi tempat pendakian daripada tempat wisata, dibandingkan dengan Gunung Kaba yang masih satu wilayah.

Bukit ini merupakan jenis stratovolcano tipe B. Stratovolcano Yang artinya yaitu bentuk gunung api paling umum dan sangat membahayakan diantara gunung-gunung lainnya.

Bagian dasar gunung landai, tetapi semakin ke atas semakin curam hingga membentuk kerucut ke puncaknya. Di puncak ada sebuah kaldera, yakni kawah vulkanik yang terbentuk sesudah letusan gunung berapi yang luas.

BACA JUGA:Kaya Nutrisi, Begini Manfaat Bubur Sekoi khas Bengkulu Bagi Kesehatan Tubuh

Jarak antara bukit Daun, jika berangkat dari kota curup yakni sekitar 30 menit. Perlu diketahui, tidak di pungut biaya untuk mendaki puncak gunung tetapi bekal dan peralatan wajib memadai agar bisa mencapai puncak dengan aman sentosa.

Untuk bisa sampai ke pintu rimba, pendaki wajib melewati kebun teh sekitar 3 jam. Saat mencapai pintu rimba, pendakian pun dimulai. pendakian akan membutuhkan waktu 8 jam dengan medan yang rata-rata menanjak dan curam.

Di sepanjang jalan pendaki akan disajikan oleh pemandangan hutan lindung yang lebat dan lembab serta di penuhi oleh tumbuhan endemik pegunungan dan pohon pinus.

Di puncak pendaki akan di sajikan pemandangan yang indah, yaitu danau tapak kaki yang terletak di puncak gunung Bukit Daun.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: