Mengenal 8 Pintu Surga Menurut Agama Islam, Mana yang Akan Kita Masuki?

Mengenal 8 Pintu Surga Menurut Agama Islam, Mana yang Akan Kita Masuki?

Mengenal 8 Pintu Surga Menurut Agama Islam, Mana yang Akan Kita Masuki?--

RADARUTARA.ID - Surga adalah tujuan bagi seluruh umat muslim. Surga merupakan alasan kenapa umat islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Tujuannya yaitu supaya bisa merasakan nikmatnya surga di kehidupan selanjutnya.

Beberapa tafsir Al Quran menjelaskan bahwa surga mempunyai banyak pintu di dalamnya. Banyaknya pintu tersebut sebanyak rahmat dan kasih sayang yang diberikan Allah SWT kepada umat-Nya.

Jumlah pintu ini memperlihatkan betapa banyaknya jalan yang bisa dilalui umat Islam untuk dapat sampai ke surga Allah SWT. Karena, luas surga bagaikan gabungan langit dan bumi yang cuma disediakan bagi orang-orang yang bertakwa saka.

BACA JUGA:Keutamaan Doa Tahlil, Kunci 8 Pintu Surga Serta Mendapat Syafaat dari Nabi Muhammad SAW

Berikut ini 8 pintu surga Allah SWT yang bisa dilalui oleh umat Muslim.

1. Pintu Syahadatain

Syahadat merupakan dasar bagi manusia yang sungguh-sungguh berniat berada di jalan kebenaran agama Islam.

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Setiap orang di antara kalian yang sudah berwudhu dengan sempurna kemudian membaca ‘asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammad abduhu wa rasululluhu’, insya Allah dibukakan untuknya kedelapan pintu surga. Ia bisa masuk dari pintu yang mana pun yang ia inginkan.” (HR. Muslim)

2. Pintu Shalat

Islam mewajibkan kepada umatnya untuk mendirikan shalat sebagai media komunikasi antara umat dengan Allah SWT. Rasulullah SAW pernah bersabda, “bagi siapa yang tergolong rajin shalat, ia akan diseru dari pintu shalat.” (HR. Bukhari-Muslim)

BACA JUGA:4 Khasiat Membaca Surat Ad Dukhan di Malam Jumat, Akan Dibangunkan Rumah di Surga

3. Pintu Puasa

Pintu surga khusus yang bernama Al-rayyan dibangun oleh Allah SWT untuk memberikan kehormatan untuk mereka yang menunaikan ibadah puasa.

4. Pintu Zakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: