Mengenal Ikan Mungkus, Kuliner khas Bengkulu yang Melimpah di Laut Kaur dan Mukomuko

Mengenal Ikan Mungkus, Kuliner khas Bengkulu yang Melimpah di Laut Kaur dan Mukomuko

Mengenal Ikan Mungkus, Kuliner khas Bengkulu yang Melimpah di Laut Kaur dan Mukomuko--

RADARUTARA.ID - Kalau kamu berkunjung ke daerah Sumatera terutama di Bengkulu Selatan. Tentu kamu akan merasakan sensasi dari salah satu cita rasa makanan khas yang unik. Kabupaten Kaur terkenal kaya akan kuliner yang khasnya. Salah satunya bernama gulai ikan mungkus

Ikan Mungkus atau bahasa latinnya sicyopterus stimpsoni ini hidup di air tawar yang deras dan juga jernih dengan dasar sungainya berpasir serta bebatuan. Ciri ikan ini mempunyai sejenis cupak di atas perutnya, cupak inilah yang bisa membuat ikan mungkus menempel kuat di atas batu walaupun arus sungainya cukup deras.


Ikan mungkus hidup dengan memakan lumut yang menempel di batu. Umumnya masyarakat Padang Guci juga mengkonsumsi perut ikan mungkus yang memiliki cita rasa unik dan lezat.

BACA JUGA:Pantai Cukoh, Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Kebanggaan Masyarakat Kaur Bengkulu

BACA JUGA:Ini Cara yang Diajarkan Rasulullah Agar Doa Cepat Dikabulkan Ketika Dilanda Kesulitan

Ikan mungkus kalau disajikan ke dalam bentuk gulai akan memberikan cita rasa yang gurih dengan tekstur daging yang kenyal. Untuk dapat mengolah ikan mungkus menjadi gulai yang sedap, kamu harus menyediakan berbagai bumbu masakan, seperti, bawang merah,bawang putih, lengkuas, daun sereh, kunyit, dan jahe. 

Cara memasak gulai ikan mungkus ini juga cukup gampang, langkah pertama yaitu panaskan santan ke dalam wajan menggunakan api sedang, kemudian masukan bumbu yang telah dihaluskan beserta cabe.

Jika santan sudah mendidih masukan ikan mungkus dengan kondisi utuh, jangan dibuang isi perutnya, pasalnya perut mungkus juga dapat dikonsumsi dan rasanya jauh lebih enak dan khas.

Jangan lupa untuk menambahkan garam dan penyedap rasa supaya cita rasa gulai ikan mungkus semakin menggoyang lidah. Jika sudah matang, gulai ikan mungkus sudah siap disajikan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: