Doa yang Dipanjatkan Saat Terjadi Gempa Bumi, Umat Muslim Harus Tahu!

Doa yang Dipanjatkan Saat Terjadi Gempa Bumi, Umat Muslim Harus Tahu!

Doa yang Dipanjatkan Saat Terjadi Gempa Bumi, Umat Muslim Harus Tahu!--

RADARUTARA.ID - Setiap musibah contohnya seperti gempa bumi yang menimpa manusia bukanlah terjadi kecuali atas se-izin Allah SWT.

Saat seorang muslim tertimpa bencana alam seperti gempa bumi, dianjurkan untuk bersabar, bertawakal, serta berdoa kepada Allah SWT. Berdoa ketika terjadi gempa bumi adalah bagian dari dzikrullah sekaligus memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Lalu, bagaimana bacaan doa yang bisa dipanjatkan umat muslim ketika mengalami musibah gempa bumi?

BACA JUGA:Muslim Sudah Tahu? Ini Bacaan Doa Saat Mendengar Adzan yang Diajarkan Rasulullah SAW

Berikut ini bacaan doa ketika terjadi gempa bumi yang bisa dilafalkan oleh umat muslim:

1. “Allaahumma inni asaluka khairaha wa khaira maa fihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a'udzubika min syarrihaa, wa syarri maa fihaa wa syarri maa arsalta bihi.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya, kebaikan apa yang terdapat padanya, kebaikan apa yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya." (HR. Muslim)

BACA JUGA:4 Hal yang Harus Pria Siapkan Jika Ingin Menikah dengan Janda, Dijamin Gacor!

2. “Rabbi lau syi’ta ahlaktahum min qablu wa iyyaya, atuhlikunaa bimaa fa’alas-sufahaau minnaa, in hiya illa fitnatuka tudhillu bihaa man tasyaau wa tahdhi man tasyaa, anta waliyyuna faghfir lanaa warhamnaa, wa anta khairul-ghaafirin, waktub lanaa fiii haadzihid-dunya hasanatan wa fiil-akhirat inna hudna ilaika.”

Artinya: “Ya Tuhanku, jika Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari-Mu. Engkau menyesatkan siapa yang Engkau kehendaki dengan cobaan itu dan Engkau memberi petunjuk siapa yang Engkau kehendaki.

Engkaulah Pelindung kami. Maka, ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah sebaik-baik pemberi ampun. Tetapkanlah untuk kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat. Sesungguhnya kami kembali (bertobat) kepada Engkau.” (QS. Al-Araf [7]: 155-156)

Bacaan doa-dia di atas dipanjatkan oleh Nabi Musa AS saat kaumnya tertimpa bencana alam gempa bumi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: