Pengoperasian Sirekap di TPS di Napal Putih Terganggu Jaringan Internet dan Server

Pengoperasian Sirekap di TPS di Napal Putih Terganggu Jaringan Internet dan Server

Pengoperasian Sirekap di TPS--

RADARUTARA.ID- Uji coba Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang sempat dilakukan oleh jajaran TPS di wilayah kerja PPK Kecamatan Napal Putih sempat tak berjalan maksimal. Ada banyak TPS yang gagal melaksanakan uji coba terhadap pengoperasian Sirekap ini. Gagalnya pengoperasian Sirekap, tersebut disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil dan gangguan pada server. 

"Belum banyak yang berhasil, kendalanya di server," ungkap Ketua PPK Napal Putih, Bambang Abdu Mutalib.

Dijelaskan Bambang, aplikasi Sirekap adalah sarana publikasi hasil dari penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara yang diterapkan oleh KPU pada Pemilu 2024 tahun ini untuk mendapatkan hasil penghitungan suara dan rekapitulasi yang akun tabel.

"Terus kita coba dan mudah-mudahan pada waktu pelaksanaanya nanti semua berjalan lancar. Pada prinsipnya, apa pun kendala di lapangan kita tetap mengupayakan pengoperasian Sirekap ini berhasil," tegasnya.

BACA JUGA:Masyarakat Bisa Datang dan Nyoblos di TPS Mulai Jam Berapa? Berikut Aturan Mainnya

BACA JUGA:Tahun 2023 Inflasi Bengkulu Sebesar 3.09 %, Lebih Besar dari Angka Nasional

Lebih jauh Bambang, menjelaskan, apa bila dalam pelaksanaannya nanti pengoperasian Sirekap, ini terganggu. Bambang menjamin, tidak kendala berarti yang bisa menghambat jalannya tahapan proses Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

"Kalau sedang gangguan akan kita siasati secara off line (manual), ketika sinyal (internet) atau server dalam situasi baik maka langsung kita onlinekan. Intinya, terganggu atau tidak pengoperasian Sirekap, ini nantinya tidak akan menganggu jalannya pelaksanaan Pemilu. Insya Allah dengan persiapan-persiapan yang sudah kita lakukan, semuanya dapat berjalan lancar tanpa ada kendala berarti," demikian Bambang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: