Jalan Tol Lampung-Bengkulu Segera Dibangun, Ini Daerah yang Bakal Dilewati

Jalan Tol Lampung-Bengkulu Segera Dibangun, Ini Daerah yang Bakal Dilewati

Jalan Tol Lampung-Bengkulu Segera Dibangun, Ini Daerah yang Bakal Dilewati--

RADARUTARA.ID- Pemerintah berencana akan melaksanakan pembangunan jalan tol Lampung-Bengkulu. Jalan bebas hambatan, ini akan dibangun mulai dari ibu kota Provinsi Lampung sampai Bengkulu dan akan melalui beberapa daerah di Bumi Rua Jurai. 

Sesuai table yang diterima dari Dinas PUPR Kabupaten Pesisir Barat pada 31 Januari 2024, kemarin. Bahwa jalan tol Lampung-Bengkulu, ini akan dibangun mulai dari Bandar Lampung sampai Bengkulu.

Pada rencana pembangunan tahun 2030-2034, itu terlihat jelas bahwa jalan tol tersebut akan dibangun mulai dari Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung ke Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran sampai Kota Agung, Kabupaten Tanggamus.

Selanjutnya dari Pelabuhan Panjang ke Lematang, Tanjung Bintang, Kabupaten Lam0ung Selatan. Kemudian dari Bandar Lampung sampai Kota Agung dan Kabupaten Tanggamus.  

BACA JUGA:Hasil SKB 3 Menteri 2024, Libur Nasional di Bulan Februari ini Akan Berlangsung 4 Hari Berturut-turut

Kemudian di tahun 2035-2039, pembangunan jalan tol akan direncanakan dari Kota Agung Tanggamus sampai Bengkulu. Dari Kota Agung, jalan tol akan dimulai dari Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat. Diperkirakan juga akan lewat Krui sampai Kecamatan Pesisir Utara hingga perbatasan dengan Provinsi Bengkulu. 

Setelah di Bengkulu, tepatnya dari perbatasan Pesisir Barat-Bengkulu sepanjang 1 Km. Sesuai rencana, pembangunan jalan tol Lampung-Bengkulu, ini akan direalisasikan sebanyak dua tahap. Tahap pertama, pembangunan dimulai selama empat tahun yakni dari tahun 2030-2034. Dan dilanjutkan pada tahap kedua yakni mulai 2035-2039.  

Di sisi lain, pada tahun 2030-2034 akan dibangun jalan tol ruas Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung-Padang Cermin, Pesawaran-Sp Kota Agung, Tanggamus sepanjang 152 Km. 

Kemudian Pelabuhan Panjang - Lematang, Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan sepanjang 11 Km. Terakhir Bandar Lampung - Kota Agung, Tanggamus sepanjang 90 Km. Selanjutnya, pada tahap dua, 2035 - 2039.

BACA JUGA:5 Kelemahan Janda Agar Mudah Ditaklukkan Hatinya, Pria Wajib Baca!

Pada tahun kedua pembangunan, ini lah pemerintah merencanakan membangun jalan tol ruas Bengkulu - Bts Provinsi Lampung sepanjang 1Km. Kemudian Bengkunat, Pesisir Barat - Bts Provinsi Lampung/Bengkulu sepanjang 180 Km. Terus Kota Agung - Bengkunat dengan panjang 60 Km.

Plt Kepala Dinas PUPR Pesisir Barat (Pesibar), Tanwir, mengatakan Pemkab menyambut baik masuknya kabupaten itu dalam wacana pembangunan jalan tol jangka panjang 2035-2039.

"Tentu kita (Pemkab Pesibar, red) menyambut baik atas wacana dimaksud, dan diharapkan pada saatnya nanti benar-benar terwujud," ungkap Tanwir.

"Jelas dengan adanya tol tersebut membuat akses menuju Pesibar dapat ditempuh dalam waktu yang relatif jauh lebih singkat dan akan banyak memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: