Lalapan Kesukaan Warga Bengkulu, Ternyata Jengkol Muda Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Lalapan Kesukaan Warga Bengkulu, Ternyata Jengkol Muda Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Lalapan Kesukaan Warga Bengkulu, Ternyata Jengkol Muda Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan--

RADARUTARA.ID - Ada berbagai khasiat dari jengkol yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat luas baik dari jengkol tua ataupun yang masih muda.

Jengkol merupakan salah satu makanan kesukaan masyarakat Indonesia terutama di Kota Bengkulu lantaran mempunyai tekstur yang lembut saat dimasak dengan rasa yang khas sehingga kerap dijadikan sebagai lauk atau menu utama.

Sekarang ini, jengkol sendiri bukan cuma diolah sebagai lauk tetapi juga sudah mulai berkembang dijadikan sebagai camilan.

Dalam artikel kali ini, akan diulas tentang manfaat jengkol muda yang mampu menjaga kesehatan sekaligus menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang mungkin belum kamu ketahui.

BACA JUGA:Begini Cara Merebus Jengkol ala Warga Bengkulu Agar Empuk dan Enak

1. Mencegah Anemia

Didalam jengkol terkandung zat besi tinggi yang bermanfaat untuk mencegah serta mengatasi kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah akan berkurang yang akhirnya menjadikam suplai nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi terhambat.

Mengkonsumsi jengkol muda yang memiliki zat besi ini sangatlah baik untuk mengatasi bermacam gejala anemia mulai dari kelelahan, lemah, tidak bersemangat hingga berbagai gejala lainnya.

2. Mencegah Kerusakan Tulang dan Gigi

Didalam jengkol muda juga terkandung fosfor dan kalsium yang mana kedua zat ini paling dibutuhkan tulang guna mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis. Maka dari itu, ketika kamu mengkonsumsi jengkol secara teratur, itu artinya kamu juga sedang menjaga kekuatan tulang dan gigi secara alami.

BACA JUGA:Kabarnya Gaji PPPK Bengkulu Utara Naik 8 Persen, Terhitung Januari 2024

3. Menangkal Radikal Bebas

Dalam Jengkol muda juga terkandung beberapa jenis vitamin mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 hingga vitamin C.

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan. Sementara vitamin C berfungsi sebagai sumber antioksidan yang dikenal ampuh melawan radikal bebas penyebab bermacam penyakit berbahaya di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: