5 Desa di Ketahun Sudah Usulkan Pencairan Dana Desa Tahap I TA 2024, Bagai Mana dengan ADD?

5 Desa di Ketahun Sudah Usulkan Pencairan Dana Desa Tahap I TA 2024, Bagai Mana dengan ADD?

Proses pengajuan pencairan DD dan ADD tahun Anggaran 2024--

RADARUTARA.ID- Sedikitnya, dari total 11 desa di Kecamatan Ketahun dilaporkan sudah ada lima desa yang sudah menyampaikan usulan pencairan dana desa (DD) tahap I TA 2024. Lima desa, itu diantaranya adalah Desa Dusun Raja, Desa Talang Baru, Desa Fajar Baru, Desa Kualalangi dan Desa Urai.

"Kelima desa, ini sudah menyampaikan usulan DD-nya dan tinggal menunggu pencairan," ungkap Camat Ketahun, Nasri, S.Pd, melalui Kasi PMD, Puji Widodo.

Diakui Puji, usulan pencairan yang baru bisa di akses oleh desa saat, ini baru DD. Sedangkan untuk usulan pencairan ADD kata Puji, masih menunggu nomor register APBD pemerintah daerah Bengkulu Utara di TA 2024. 

"Pencairan ADD masih terkendala nomor register yang ada di APBD kita TA 2024," akunya.

BACA JUGA:Tak Disebut dalam Agenda TA 2024, Pembangunan Puskesmas Prototype Ulok Kupai Gagal?

Kendati demikian, Puji memastikan, sebagian besar desa di wilayah kerjanya sudah mempersiapkan dokumen usulan ADD maupun DD-nya masing-masing.

"Tapi ketika kran di kabupaten sudah dibuka, desa-desa kita sudah siap untuk menyampaikan usulannya," imbuhnya.

Lebih jauh Puji, menargetkan, dengan upaya percepatan usulan yang sedang diusahakan oleh desa-desa di wilayah kerjanya saat, ini. Kemungkinan besar pencairan DD tahap I TA 2024 sudah bisa terealisasi di awal bulan Februari.

"Insya Allah Februari nanti, masing-masing desa sudah bisa menerima dana transfer DD dan mencairkannya, begitu dengan ADD-nya," tandasnya.

"Sementara untuk desa-desa lainnya kita harapkan bisa menyusul untuk mempercepat usulannya ke kabupaten. Dengan harapan di bulan Februari nanti, seluruh desa sudah bisa merealisasikan kegiatannya di tahap I," demikian Puji.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: