PLTA Musi Ujan Mas Bengkulu, Jadi Sumber Energi Listrik Terbesar se-Sumbagsel

PLTA Musi Ujan Mas Bengkulu, Jadi Sumber Energi Listrik Terbesar se-Sumbagsel

PLTA Musi Ujan Mas Bengkulu, Jadi Sumber Energi Listrik Terbesar se-Sumbagsel--

RADARUTARA.ID - Tanah Air dengan keragaman alamnya, sudah mengembangkan berbagai sumber energi demi memenuhi kebutuhan listriknya.

Salah satu jenis pembangkit listrik yang memanfaatkan sumber daya alam berlimpah yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Di tengah banyaknya pembangunan infrastruktur energi, ada sebuah megaproyek yang bukan cuma menghasilkan daya listrik saja, namun juga memberikan kontribusi pada pembangunan di wilayahnya.

PLTA Musi, yang berlokasi di Provinsi Bengkulu ini, merupakan contoh nyata bagaimana aliran air bisa diubah menjadi energi yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah terpencil Tanah Air, PLTA Musi berdiri sebagai tonggak yang paling penting.

BACA JUGA:Danau Tes, Danau Terbesar di Bengkulu yang Jadi Spot Favorit Untuk Bersantai di Lebong

Dengan kapasitas daya sampai 210 Megawatt (MW), PLTA ini merupakan bukti nyata bahwa potensi energi air bisa dioptimalkan secara baik.

Lokasi tepatnya ada di Desa Ujan Mas Atas, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. PLTA Musi ini memanfaatkan aliran dari Sungai Musi yang melintasi wilayah tersebut.

PLTA Musi bukan cuma mengandalkan potensi aliran sungai semata. Dengan memakai teknologi terkini, pembangkit listrik ini sudab mengimplementasikan konsep "run of the river", yang mana aliran sungai dimanfaatkan tanpa adanya bendungan yang besar.

Teknologi ini akan memungkinkan PLTA Musi untuk mempunyai bangunan pembangkit yang berlokasi 400 meter di bawah permukaan tanah.

Melalui cara ini, lingkungan sekitar akan tetap terjaga, serta dampak ekologis minimal. Dengan kalkulasi yang tepat, PLTA ini bisa menghasilkan sekitar 1,140 GWh energi listrik di setiap tahunnya.

BACA JUGA:Selain Memiliki Wajah Teduh dan Rupawan, Ternyata Ini Kelebihan Lelaki Sunda yang Bikin Wanita Kesengsem

Angka ini bukan cuma mengesankan dari segi angka saja, namun juga bisa memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat di daerah sekitarnya.

Keberadaan PLTA Musi memberikan dampak positif yang meluas. Untuk Provinsi Bengkulu, terutama, akan merasakan manfaatnya dari bentuk pasokan listrik yang lebih stabil serta berkelanjutan.

Bahkan, wilayah Provinsi Sumsel dan Provinsi Lampung juga akan merasakan manfaat dari pasokan listrik yang dihasilkan dari PLTA ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: