Meski Banyak Manfaat, Ini Bahaya Liling Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Meski Banyak Manfaat, Ini Bahaya Liling Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Meski Banyak Manfaat, Ini Bahaya Liling Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan--

RADARUTARA.ID - Beberapa orang mungkin sudah tak asing lagi mendengar istilah hewan yang bernama liling. Hewan yang satu ini sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan keong sawah. Pemilik nama latin Pila ampullaceal ini sering dijadikan camilan. Bahkan orang yang menyukai makanan ini jgga bisa dikatakan cukup banyak.

Tutut diolah dengan cara sederhana yakni menggunakan bumbu tradisional yang membuat rasanya lebih gurih dan lezat. Meski begitu, beberapa orang cenderung menghindari makanan ini karena memiliki tekstur yang kenyal sampai dianggap kurang menarik atau mungkin menjijikan.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata liling atau keong sawah memiliki efek samping bagi kesehatan.

BACA JUGA:Siapa Sangka, Ternyata Liling Khas Bengkulu Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Segala sesuatu yang berlebihan pasti tak akan baik. Liling yang dikonsumsi secara berlebihan justru akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Liling yang hidup di air dan berlumpur kemungkinan besar akan menyebabkan cacingan. Karena ia hidup di tempat tumbuhnya telur cacing, salah satunya yakni jenis cacing schistosoma.

Cacing ini akan menyebabkan seseorang menderita diare yang berkepanjangan dan peradangan. Makan liling secara berlebihan akan menyebabkan mual dan muntah.

Dengan begitu, alangkah baiknya konsumsilah liling sewajarnya saja supaya memperoleh manfaat yang baik untuk kesehatan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: