Resmi Dilantik, 45 Pengawas TPS Giri Mulya Siap Kawal Pemilu 2024

Resmi Dilantik, 45 Pengawas TPS Giri Mulya Siap Kawal Pemilu 2024

Pelantikan pengawas TPS di Kecamatan Giri Mulya--

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID - Sebanyak 45 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kecamatan Giri Mulya resmi di lantik, Senin (22/1/2024).

Bertempat di Balai Desa Giri Mulya, Rencananya, akan bertugas di masing-masing TPS demi suksesnya Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.

Ketua Panwascam Giri Mulya, Rahmad Basuki dihadapan Petugas PTPS usai dilantik menyampaikan selamat kepada Pengawas TPS Kecamatan Giri Mulya.

Dia menegaskan Pengawas TPS merupakan ujung tombak pengawasan dibawah Panwascam Giri Mulya.

"Kami sampaikan selamat atas dilantiknya teman-teman semua. Kita ketahui bahwa Pengawas TPS merupakan garda terdepan pengawasan,"sampainya.

BACA JUGA:Sejarah Singkat Wali Songo dan Daftar Nama-namanya

Dia menjelaskan petugas pengawas TPS di Kecamatan Giri Mulya akan mengawasi 46 TPS, namun pada pelaksanaan pelantikan terdapat satu peserta yang tidak hadir, yakni di TPS Desa Suka Mulya.

Menyikapi itu, pihaknya akan segera melakukan pergantian Petugas agar Pengawas TPS yang bertugas pada pemilu mendatang, berjalan sesuai tupoksinya, diantaranya membuat laporan jika menemukan dugaan pelanggaran pemilu.

"Sebenarnya totalnya ada 46 orang, ada satu yang tidak hadir karena sesuatu hal. Hari ini selain Dilantik, petugas PTPS juga dilakukan pembinaan terkait fungsi pengawasan,"imbuh Basuki.

BACA JUGA:Data Penduduk Kabupaten Bengkulu Utara Terus Meningkat, Dukcapil Mencatat tahun 2023 Sebanyak 304.720 Jiwa

Selanjutnya, Basuki meminta agar pengawasan fokus pada saat pemungutan suara. Laporkan kepada Panwaslu Kecamatan atau Bawaslu jika nantinya terdapat dugaan pelanggaran.

Pantauan radarutara.id, setelah dilantik Pengawas TPS langsung dibekali beberapa materi untuk persiapan pengawasan oleh Panwaslu Kecamatan setempat. Salah satu di antaranya mengenai penggunaan aplikasi SIWASLU.

Sebagai informasi aplikasi SIWASLU nantinya akan digunakan pengawas untuk rekap cepat pada saat pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari 2024.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: