Legendaris! Ini 9 Pedang Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Legendaris! Ini 9 Pedang Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Pedang Rasulullah yang sangat terkenal--

RADARUTARA.ID - Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir umat manusia. Ada banyak kisah yang bisa dipetik dan dipelajari hikmahnya oleh kita sebagai umatnya di akhir zaman. Salah satu yang dapat kita pelajari yaitu kisah peperangan yang terjadi di zaman Rasulullah SAW.

Dari banyaknya perang yang sudah dilalui Rasulullah SAW, ada 9 pedang yang pernah digunakan Sang Nabi demi mempertahankan diri dari gempuran musuh.

Pedang ini juga dipakai Nabi Muhammad SAW untuk berdakwah dan memerangi kaum musyrikin yang ingkar kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Begini Cara Merebus Jengkol ala Warga Bengkulu Agar Empuk dan Enak

Berikut ini 9 pedang yang dipakai oleh Rasulullah SAW saat berperang untuk menegakkan kalimatullah:

1.  Al Matsur

Pedang ini terkenal juga dengan nama Matsur Al-Fijar. Pedang yang mempunyai panjang 99 cm dengan gagangnya yang berbentuk ular ini adalah peninggalan dari mendiang ayah Rasulullah SAW yaitu Abdullah.

Rasulullah SAW diketahui membawa pedang ini dari Mekah ke Madinah saat hijrah. Pedang yang memiliki hiasan batu emerald dan batu pirus ini, sekarang bisa dijumpai di Museum Topkapi, Istanbul, Turki.

 2. Dzulfikar

Pedang yang diperoleh Rasulullah SAW sebagai harta rampasan ketika perang Badar ini mempunyai julukan Dzu Al-Faqar.  Pedang ini diberikan kepada Ali bin Abi Thalib ra. Ali juga menggunakan pedang ini dalam perang Uhud.

 3. Al Battar

Pedang ini terkenal sebagai Perang Para Nabi lantaran ada ukiran Nabi Daud AS, Sulaiman AS, Musa AS, Zakaria AS, Yahya AS, Isa AS, dan Muhammad SAW. Dikabarkan pemilik asli pedang dari ini yaitu Nabi Daud AS, yang saat itu berhasil mengalahkan Jalut. Pedang ini sekarang ini berada di Museum Topkasi, Istanbul, Turki.

BACA JUGA:Baca Sebanyak 11 Kali, Sholawat Nariyah untuk Memperlancar Rezeki di Pagi Hari

4. Hatf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: