Ini Orang yang Paling Pelit Menurut Pandangan Rasulullah SAW, Siapakah Mereka?

Ini Orang yang Paling Pelit Menurut Pandangan Rasulullah SAW, Siapakah Mereka?

Ini Orang yang Paling Pelit Menurut Pandangan Rasulullah SAW, Siapakah Mereka?--

RADARUTARA.ID - Menurut pandangan Islam, ada seseorang yang dianggap orang yang paling pelit. Bisa saja ada di sekitar kita, duduk tak jauh dari tempat kita dan sering bertemu atau saling tegur sapa dengannya.

Lalu, siapakah orang yang dianggap paling pelit menurut pandangan Islam itu?

Dari sebuah hadist, Rasulullah SAW menjelaskan tentang seorang yang disebut bakhl atau bakhil yang artinya pelit. Orang yang dimaksud yaitu, mereka yang enggan bersolawat kepada Rasulullah SAW.

Hadis tersebut diriwayatkan oleh sahabat Imam Ahmad, yang artinya: "Orang yang pelit adalah orang yang saat namaku disebut di sampingnya, ia tidak ingin membaca solawat kepadaku." (HR: Ahmad).

Maka dari itu, berselawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu ibadah sederhana yang harusnya sering-sering untuk di lakukan.

BACA JUGA:5 Fakta Kuyang, Siluman Pemangsa Janin di Indonesia

Di dalam Alquran juga telah dijelaskan, umat muslim disuruh untuk mengucapkan salam kepada beliau, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (Al-Ahzab [33] ayat 56).

Betapa banyak pahala selawat kepada Nabi Muhammad, sampai bagi muslim yang serinh berselawat akan memperoleh banyak kebaikan, pahala juga akan mengalir. 

BACA JUGA:Amalan Ijazah dari Gus Iqdam Agar Pak Suami Makin Sayang dan Terhindar dari Sifat Buruk

Bagi siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali saja, niscaya Allah SWT menuliskan untuknya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, serta mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'. (HR Ahmad).

Begitulah, kalau ada Nabi Muhammad disebut, alangkah baiknya kita berselawat kepada beliau, mengucapkan pujian kepada beliau.

Atau cara yang sederhana, saat mendengar kata Nabi Muhamad dapat di jawab dengan membaca ‘Allahuma sholli ala sayyidina Muhammad’ yang memiliki arti Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada pemipin kami Baginda Muhammad maupun ‘Shollu Alaih’ yang artinya: selawat dan pujian kepada beliau Baginda Nabi Muhammad SAW.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: