Kisah Tragis Roro Jonggrang di Balik Megahnya Candi Prambanan

Kisah Tragis Roro Jonggrang di Balik Megahnya Candi Prambanan

Kisah Tragis Roro Jonggrang di Balik Megahnya Candi Prambanan--

RADARUTARA.ID- Roro Jonggrang merupakan salah satu sosok yang digambarkan sebagai putri cantik dalam kisah pewayangan Jawa. Ia merupakan putri dari Prabu Boko, raja kerajaan Prambanan.

Pada awalnya, Roro Jonggrang merasa bahagia saat menjalani hidup bersama ayah dan rakyatnya di kerajaan yang makmur dan damai.

Hanya saja semua itu berubah ketika Bandung Bondowoso, Raja Kerajaan Pangging menyerang kerajaanya dengan menggunakan kekuatan gaib.

Bahkan para saat kejadian itu, Roro Jonggrang melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana ayahnya gugur di medan perang dan bagaimana pasukannya kalah telak, hingga akhirnya kerajaannya jatuh ke tangan musuh. Kondisi itupun membuat Roro Jonggrang merasa sedih, marah dan takut. Bahkan ia khawatir dengan apa yang akan terjadi padanya dan rakyatnya.

BACA JUGA:Viral Hantu Kuyang Terbang Depan Rumah di Cileungsi Bogor, Penghuni Rumah Histeris Ketakutan, Ini Faktanya

Namun dalam perjalanan itu, ternyata Bandung Bondowoso memiliki ketertarikan pada Roro Jonggrang. Ia jatuh cinta pada Roro Jonggrang sejak pertama kali melihat.

Bandung Bondowoso pun memintanya untuk menjadi istri. Hanya saja hal itu di tolak secara tegas oleh Roro Jonggrang.  

Ia melakukan penolakan itu karena merasa tidak mungkin menikah dengan orang yang telah tega membunuh ayahnya dan merampas kerajaannya. 

Roro Jonggrang sangat membencinya dari lubuk hati yang paling dalam. Hanya saja Bandung Bondowoso tidak mau menyerah dan terus mendesak untuk menerima lamarannya.

Karena hal itu, Roro Jonggrang pun mencari cara untuk agar bisa menolak lamaran Bandung Bondowoso dengan cara halus dan tidak menyinggung perasaannya. Sebab, Bandung Bondowoso merupakan sosok yang memiliki kekuatan gaib yang hebat dan sulit untuk terkalahkan.

BACA JUGA:Mustika Batu Mani Gajah, Pengasihan Tingkat Dewa yang Bisa Membuat Pasangan Kepincut Tanpa Ritual, Berani Coba

Oleh karena itu, Roro Jonggrang akhirnya memberi syarat yang mustahil. Ia meminta untuk membuat 1000 candi dalam waktu semalam. Jika Bandung Bondowoso berhasil, maka Roro Jonggrang  berjanji bersedia untuk menjadi istrinya. Hanya saja jika tidak, maka Bandung Bondowoso harus menghapuskan lamarannya.

Dengan syarat yang dinilai cukup sulit itu, Roro Jonggrang yakin bahwa Bandung Bondowoso pasti tidak akan bisa memenuhi syarat itu. Sebab, secara akal sehat manusia tidak akan mampu untuk  membuat 1000 candi dalam waktu semalam dan dipastikan akan menyerah.

Namun ternyata, prediksi Roro Jonggrang salah, Bandung Bondowoso memiliki roh-roh halus yang berada di bawah perintahnya. Bandung Bondowoso akhirnya memerintahkan roh-roh halus itu untuk membantu membuat candi-candi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: