Puluhan Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Puskesmas, Begini Hasilnya

Puluhan Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Puskesmas, Begini Hasilnya

Ibadah Haji--

RADARUTARA.ID- Beberapa tahapan menjelang keberangkatan ke tanah suci mulai diikuti oleh para calon jamaah haji 2024. Salah satu tahapan yang saat, ini tengah fokus diikuti oleh calon jamaah hai adalah pemeriksaan kesehatan dasar melalui Puskesmas.

Sesuai data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh Radarutara.id, rangkaian pemeriksaan kesehatan dasar kepada calon jamaah haji, ini sudah dilaksanakan mulai 15-20 Januari 2024.

Kepala Puskesmas Perawatan Sebelat, Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Parsaoran Nahampun, S.Kep, mengatakan, total keseluruhan sedikitnya ada 40 an calon jamaah haji gabungan dari Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) dan Kecamatan Putri Hijau yang telah di agendakan mengikuti pemeriksaan kesehatan dasar di Puskesmas Perawatan Sebelat.

Sampai hari, ini kata Parsaoran, kurang lebih sudah 65 persen calon jamaah haji 2024 yang datang dan mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan oleh tim medis di Puskesmas.

"Usia calon jamaah haji 2024 kita bervariasi, ada yang masih mudah dan ada juga yang sudah berumur. Sampai hari, ini baru sekitar 65 persen calon jamaah haji yang sudah datang dan kita periksa kondisi kesehatannya. Sesuai jadwal, pemeriksaan kesehatan ini akan kita laksanakan sampai 20 Januari 2024," ungkap Parsaoran.

BACA JUGA:Soal Penempatan Guru PPPK, BKPSDM : Sesuai Kebutuhan Daerah

Sejauh, ini diakui Perseroan, pihaknya belum dapat menyimpulkan bagai mana hasil atau kondisi kesehatan dari seluruh calon jamaah haji yang sudah menjalani pemeriksaan. Jelasnya, kata Parsaoran, pemeriksaan kesehatan yang diikuti oleh calon jamaah haji di Puskesmas, ini akan diteruskan ke tahap pemeriksaan lanjutan di Rumah Sakit (RS).

"Pemeriksaan yang kita laksanakan hanya pemeriksaan dasar. Lebih detailnya nanti tergantung bagai mana hasil pemeriksaan di RS. Karena sesuai tahapan, hasil pemeriksaan di Puskesmas ini akan kita input atau laporkan ke sistem informasi kesehatan jamaah haji indonesia (SISKOHATKES) dan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan lebih detail lagi melalui RS," ungkapnya.

Lebih jauh, Parsaoran, menghimbau kepada calon jamaah haji 2024 yang belum memeriksakan kondisi kesehatannya agar segera datang ke Puskesmas. 

"Setiap hari kita standbykan petugas di Puskesmas untuk melayani para calon jamaah haji yang ingin mengikuti pemeriksaan kesehatan. Bagi calon jamaah yang belum datang kita minta segera mendatangi Puskesmas sampai tanggal 20 Januari 2024," demikian Parsaoran.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: