Umat Muslim Wajib Tahu! Ini 10 Hikmah yang Didapat Jika Melakukan Shalat Berjamaah di Masjid

Umat Muslim Wajib Tahu! Ini 10 Hikmah yang Didapat Jika Melakukan Shalat Berjamaah di Masjid

Umat Muslim Wajib Tahu! Ini 10 Hikmah yang Didapat Jika Melakukan Shalat Berjamaah di Masjid--

RADARUTARA.ID - Shalat berjamaah di masjid adalah salah satu amalan yang paling dianjurkan dalam agama Islam. Hadits-hadits Nabi Muhammad SAW memberikan penjelasan mengenai bermacam hikmah yang terkandung dalam melakukan Shalat berjamaah di masjid. Berikut ini benerapa hikmah Shalat berjamaah di masjid sesuai dengan hadist-hadist Nabi SAW lengkap dengan penjelasannya : 

1. Pahala yang Lebih Besar

Hikmah paling utama dari shalat berjamaah di masjid yaitu memperoleh pahala yang lebih besar dibandingkan shalat sendirian di rumah ataupun di tempat lain. Hal ini memperlihatkan adanya keutamaan serta keberkahan terkait dengan shalat berjamaah di masjid.

2. Perlindungan dari Godaan Syaitan

Shalat berjamaah di masjid akan memberikan perlindungan dari godaan setan. Saat seorang muslim berada di masjid setan akan menjauhinya sehingga dia bisa melakukan shalat dengan khidmat dan khusyuk.

BACA JUGA:Istimewa dan Mustajab, Ini 6 Amalan Bulan Rajab yang Dianjurkan dalam Islam

3. Kesempatan untuk Belajar dan Meningkatkan Ilmu

Shalat berjamaah di masjid juga akan memberikan kesempatan untuk belajar serta meningkatkan ilmu agama. Saat di masjid akan ada bermacam aktivitas keagamaan contohnya seperti pengajian, tadarus Al-Quran hingga kajian Islam yang bisa diikuti, sehingga umat muslim bisa terus meningkatkan pemahaman dan kecintaan mereka terhadap agama.

4. Penyucian dan Pengampunan Dosa

Shalat berjamaah di masjid akan memberiman pahala berupa pengampunan dosa serta penyucian diri. Setiap langkah yang diambil menuju masjid dan dari masjid mampi menghapus dosa-dosa yang sudah dilakukan sebelumnya.

BACA JUGA:Ini 4 Amalan Istimewa di Hari Jumat, Kata Syekh Ali Jaber Tidak akan Ditolak Pasti Langsung Dikabulkan

5. Pengakuan sebagai Penduduk Surga

Shalat berjamaah di masjid akan memberikan pengakuan sebagai penduduk surga serta perlindungan Allah. Allah akan melindungi dan memberikan keberkahan kepada mereka yang secara konsisten mampu menjaga shalat berjamaahnya di masjid.

6. Menjaga Persatuan dan Kebersamaan Umat Muslim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: