Serasa di Eropa, Ini 5 Kota dengan Suhu Terdingin di Indonesia

Serasa di Eropa, Ini 5 Kota dengan Suhu Terdingin di Indonesia

Serasa di Eropa, Ini 5 Kota dengan Suhu Terdingin di Indonesia--

RADARUTARA.ID - Sebagai negara yang mempunyai iklim tropis, pembagian musim di Indonesia cuma dibagi menjadi dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan.

Dengan rata-rata suhu normal berkisar 20-30 derajat Celcius. Seperti yang diketahui, suhu di Indonesia memang tak pernah mencapai suhu dingin seperti di negara-negara yang berlokasi di iklim dingin. Tetapi, ada beberapa kota di Indonesia yang mempungai suhu dingin sampai di bawah rata-rata.

Berikut ini 5 kota dari berbagai provinsi yang disebut-sebut mempunyai suhu terdingin di Indonesia:

BACA JUGA:5 Fakta Zeus, Raja Dewa dalam Mitologi Yunani Kuno, Dilahirkan di Dalam Gua dan Dirawat Kambing Betina

1. Mulia, Papua Tengah

Daerah terdingin di Indonesia yang pertama yaith Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua. Secara geografis Kota Mulia berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan yang seringkali terjadi sepanjang tahun.

Kota Mulia adalah satu-satunya kawasan berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi oleh pegunungan Jayawijaya yang juga menjadi puncak tertinggi pertama di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Suhu dingin di daerah ini mampu mencapai 9 derajat Celcius sampai mencapai titik beku.

2. Waghete, Papua Tengah

Daerah terdingin di Indonesia yang berikutnya ada di Kota Waghete, Kabupaten Deiya Papua. Waghete terletak di dataran tinggi yang berkisar 1.700 mdpl dengan suhu dingin mencapai 15 derajat Celcius di siang hari dan terus menurun di malam hari, bahkan mampu mencapai 10 derajat Celcius.

BACA JUGA:PNS Pusat dan PNS Daerah Dihapus, Semua Pegawai Berubah Jadi ASN, Termasuk PPPK?

3. Mamasa, Sulawesi Barat

Daerah terdingin di Indonesia yang ketiga ada di kota Mamasa, Sulawesi Barat. Lokasinya berada di ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut. Kota Mamasa bukan cuma menyuguhkan pemandangan indah saja, namun juga udara sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat Celcius. Nuansa sejuk akan semakin terasa di kawasan agrowisata dan kampung adat kota Mamasa.

Adapun suhu tertinggi di kota ini berkusar 26 derajat Celcius, dan suhu terendah yang pernah tercatat di daerah ini, yaitu mencapai 16 derajat Celcius.

4. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: