Kisah Orang Bunian dari Sumatera, Suku Gaib yang Senang Mengajak Manusia Masuk ke Alam Mereka

Kisah Orang Bunian dari Sumatera, Suku Gaib yang Senang Mengajak Manusia Masuk ke Alam Mereka

Misteri Orang Bunian Dari Sumatera, Suku Ghaib Yang Senang Mengajak Manusia Masuk Ke Alam Mereka.--

RADARUTARA.ID- Jika berbicara soal mistis tidak akan ada habisnya, hampir di seluruh wilayah Indonesia ini bahkan ke luar negeri sekalipun memiliki cerita legenda mistisnya masing-masing.

Mengingat legenda tersebut merupakan bentuk warisan budaya yang belum terbukti akan kebenarannya. Salah satunya yaitu sosok orang bunian, yang merupakan sosok legenda yang berasal dari pulau Sumatera, Kalimantan, hingga sampai ke Malaysia.

Sosok mistis ini diceritakan memiliki tubuh yang pendek serta kaki yang terbalik, apabila mereka bertemu dengan manusia mereka akan cenderung menghilang dan tidak mau berkontak secara langsung dengan manusia.

Keberadaan legenda tentang orang bunian masih belum terbukti kebenarannya, walaupun sudah banyak cerita dan kesaksian dari warga setempat tentang mereka yang melihat orang bunian.

BACA JUGA:Misteri Padang 12, Disebut Kota Ghaib Mewah, Penghuninya Mirip Manusia Tapi Tidak Memiliki Belahan Bibir

Sosok orang bunian pada umumnya tinggal di dalam hutan secara berkelompok, Orang Bunian bukanlah suku yang primitif akan tetapi memiliki sistem kerajaan yang jelas. Bahkan beberapa kesaksian orang-orang yang pernah hilang karena orang bunian mereka menyebut bahwasanya mereka hilang dibawa oleh orang bunian masuk ke dalam alam mereka lebih tepatnya di kerajaan mereka.

Salah satu legenda orang bunian yang ada di Sumatera Barat, yang lebih tepatnya berada di Alahan panjang kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat Indonesia.

Menurut penuturan warga setempat mereka percaya tentang keberadaan orang Bunian. Bahkan mereka memiliki sebuah pantangan agar tidak memasuki wilayah hutan atau gunung sendirian serta menjaga ucapan dan tutur kata agar tidak bertemu dengan orang bunian yang mampu menyamar sebagai seorang manusia.

Ada banyak sekali misteri terkait orang bunian salah satunya mengenai alasan mereka menyesatkan manusia hingga mengajaknya ke Alam Mereka.

BACA JUGA:Anti Gagal, KUR BRI Mikro 2024 Bisa Pinjam Hingga Rp50 Juta dan Bebas Biaya Administrasi, Cek Syaratnya Disini

Dalam melakukan hal tersebut orang bunian memiliki banyak cara salah satunya dengan menyamar sebagai sosok manusia, ataupun dengan aroma makanan yang sangat menggiurkan sehingga manusia yang tergoda akan ikut dengan mereka.

Konon katanya seseorang yang disesatkan oleh orang bunian yang masuk ke dalam kerajaannya akan diberikan pilihan mau menetap atau kembali ke alam manusia, mereka bukanlah makhluk ataupun sosok yang mudah menampakan diri kepada manusia. Mereka akan menampakan diri jika mereka ingin dan tentunya kepada manusia-manusia yang mereka kehendaki. 

Sosok orang bunian masihlah menjadi sebuah misteri yang belum terpecahkan hingga saat sekarang ini, banyak dari cerita-cerita rakyat yang mengisahkan tentang keberadaan orang bunian ini mulai dari sosoknya yang baik ataupun sosoknya yang jahat.

Terlepas dari itu semua kebudayaan akan cerita-cerita mistis ini masihlah menjamur hingga saat sekarang ini tidak sedikit orang yang mempercayai legenda-legenda tersebut. Dan sudah menjadi sepantasnya kita sebagai masyarakat lokal untuk menjaga warisan budaya agar tidak tertelan oleh zaman.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: