7 Tanda Sholatmu Diganggu Setan, Meski Sudah Berusaha Kusyu', Apa Saja?

7 Tanda Sholatmu Diganggu Setan, Meski Sudah Berusaha Kusyu', Apa Saja?

7 Tanda Sholatmu Diganggu Setan, Meski Sudah Berusaha Kusyu', Apa Saja?--

RADARUTARA.ID - Shalat merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh setiap umat Islam, Namun dalam rangka mengerjakan salat kerap kali kita mendapatkan gangguan dan godaan dari syaitan. Gangguan tersebut dapat berupa rasa was-was, kelupaan, serta berbagai macam gangguan lainnya.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW menjawab pertanyaan dari Uthman bin Abi Al-'As yang mengadu soal gangguan setan dalam sholatnya,

ذَاكَ شيطَانٌ يُقَالُ له خَنْزَبٌ، فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ باللَّهِ منه، وَاتْفِلْ علَى يَسَارِكَ

Artinya: "Itu adalah setan yang dipanggil Khanzab atau Khinzib. Apabila kamu berasa gangguannya, mohon perlindungan dengan Allah daripada kejahatannya dan ludah ke sebelah kirimu." (HR Muslim dan Ahmad dalam Shahih dan Sunan-nya)

Dalam Alquran sendiri telah diceritakan tentang bagaimana syaitan akan berjanji untuk menyesatkan manusia. Seperti yang tertera di dalam Alquran surah Shad ayat 82-83 yang mana Allah berfirman:

قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ. إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ ٱلْمُخْلَصِينَ

Artinya: Iblis (setan) menjawab, "Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hambaMu yang mukhlis di antara mereka."

BACA JUGA:7 Tanaman Herbal yang Bisa Membuat Anak Anda Jadi Lebih Jenius dan Membanggakan, Apa Saja?

Nah berikut ini merupakan tujuh tanda yang mengindikasikan anda dalam gangguan setan ketika melaksanakan salat diantaranya:

1. Was-was saat Takbiratul Ihram

Dalam buku karya ustadz Ahmad el-Syafa, yang berjudul awas Ada setan di rumah anda. Dalam buku tersebut Ia menjelaskan bahwasanya setan akan meniup-niupkan gangguan kepada orang yang sedang melaksanakan takbiratul ihram sehingga membuatnya ragu dalam salatnya.

Gangguan sejenis ini juga terjadi ketika sedang melaksanakan salat berjamaah, sehingga membuat makmum terlambat mengikuti imam. Alhasil membuat bacaan salat yang dibacakan makmum menjadi terburu-buru dan tidak menentu sehingga tidak adanya kekhusyukan dalam melaksanakan salat.

2. Tidak Ada Penghayatan Bacaan Sholat

Ketika sedang melaksanakan salat seringkali kita terpikirkan berbagai macam masalah sehingga membuat kita tidak fokus dalam salat kita.

Hal tersebut bisa diindikasikan sebagai bentuk gangguan setan yang membuat kita tidak menghayati setiap bacaan dalam salat. Bahkan Ahmad Zaki El Shafa mengibaratkan kondisi tersebut bagaikan orang yang sedang mengigau.

BACA JUGA:Resep Memasak Gulai Ikan Mungkus Khas Bengkulu yang Manis dan Gurih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: