Perpanjang Kontrak GBD Tahun 2024, Ratusan Guru Serbu Dinas Pendidikan Bengkulu Utara

Perpanjang Kontrak GBD Tahun 2024, Ratusan Guru Serbu Dinas Pendidikan Bengkulu Utara

Kantor Dispendik Bengkulu Utara ramai didatangi GBD yang akan urus pemberkasan perpanjangan kontrak--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Memasuki awal tahun 2024, ratusan Guru Bantu Daerah (GBD) mulai melakukan pemberkasan ulang untuk perpanjangan kontrak.

Sebanyak 838 Guru Bantu Daerah di Kabupaten Bengkulu Utara mendatangi Dinas Pendidikan yang melakukan perpanjangan kontrak.

Menariknya, tidak hanya GBD yang ikut melalukan pemberkasan ulang, namun juga terdapat GBD yang telah lolos dalam seleksi perekrutan PPPK formasi guru pada tahun 2023.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara, Sugeng Wiyono menjelaskan, dari 838 tenaga guru yang terdaftar di GBD yang ada saat ini, sebagian dinyatakan telah lulus PPPK.

BACA JUGA:Waduh! KPU Bengkulu Utara Temukan Ratusan Surat Suara Rusak, Begini Penjelasan Ketua

Ia mengaku, guru dari sebelumnya GBD yang saat ini lulus seleksi PPPK mencapai ratusan orang. Meski begitu, GBD tersebut masih mengurus kembali perpanjangan kontrak.

"Mereka masih diperbolehkan melakukan pemberkasan ulang untuk perpanjangan kontrak GBD, selagi belum menerima SK PPPK dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara,"jelasnya.

Sugeng menambahkan, sembari menunggu SK, Guru Bantu Daerah tersebut masih bekerja seperti biasanya, dengan sistem mengajar serta menerima gaji sebagai GBD.

"Mereka masih mengajar disekolah sesuai SK GBD, begitu juga gaji yang diterima adalah gaji GBD," imbuh sekdis.

BACA JUGA:Jalan Liku Sembilan Amblas, Pengendara : Kalo Gak Mau Terjebak Macet, Pikir-pikir Lagi Lewat Sini

Untuk menyikapi berkurangnya jumlah guru GBD, lantaran telah lulus menjadi ASN PPPK Tahun 2023, pihaknya akan melakukan pendataan untuk dilakukan langkah selanjutnya.

"Saat ini kita sedang mendata berapa guru GBD yang lolos menjadi ASN PPPK,"terang Sekdis.

Untuk diketahui, besaran gaji GBD di Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2024 adalah, GBD angkatan pertama sebesar Rp 1,7 juta perbulan, GBD angkatan kedua Rp1,4 juta perbulan serta Rp1,1 juta untuk GBD angkatan terakhir pada tahun 2019.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: