2 Doa yang Diajarkan Rasulullah Agar Terhindar dari Siksa Kubur, Apa Kamu Sudah Pernah Mengamalkannya?

2 Doa yang Diajarkan Rasulullah Agar Terhindar dari Siksa Kubur, Apa Kamu Sudah Pernah Mengamalkannya?

Doa Rasulullah agar terhindar dari siksa kubur--

RADARUTARA.ID - Kematian merupakan sesuatu yang pasti yang akan dihadapi oleh setiap manusia di muka bumi ini, Semua amal perbuatan yang telah di perbuat di muka bumi akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT.

Terutama bagi seorang muslim akan menghadapi alam kubur yang tentunya sangat gelap dan tidak ada cahaya ataupun teman di sana, hanya ada diri sendiri dan amal yang akan menemani. Untuk itulah kita harus perbanyak berbuat baik dan mengerjakan amal amal saleh agar terbebas dari siksaan kubur. 

Namun ada sebuah doa yang dapat kita amalkan supaya terhindar dari siksaan kubur,  doa ini dapat di amalkan untuk bekal di alam kubur. Dalam sejumlah riwayat dijelaskan bahwa siksaan kubur merupakan bentuk balasan pertama bagi manusia manusia yang memiliki dosa selam ia hidup di muka bumi.

Dalam sebuah buku yang berjudul "Ketika Ruh Dikembalikan" yang ditulis oleh Rizem Aizid. di jelaskan bahwa siksa kubur itu di peruntukkan bagi mereka yang telah berbuat zalim selama hidup di dunia serta enggan mengikuti setiap perintah Allah SWT. 

BACA JUGA:Apakah dalam Islam Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Tanggung Jawab Suami? Begini Penjelasannya

Bahkan di dalam Al-Quran Juga telah di terangkan tentang betapa perihnya siksaan kubur bagi manusia manusia pesona. seperti yang telah di jelaskan di alam surah Al An'am ayat 93, Allah SWT berfirman,

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ ٱفْتَرَىٰ عَلَى ٱللَّهِ كَذِبًا أَوْ قَالَ أُوحِىَ إِلَىَّ وَلَمْ يُوحَ إِلَيْهِ شَىْءٌ وَمَن قَالَ سَأُنزِلُ مِثْلَ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ ۗ وَلَوْ تَرَىٰٓ إِذِ ٱلظَّٰلِمُونَ فِى غَمَرَٰتِ ٱلْمَوْتِ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ بَاسِطُوٓا۟ أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُوٓا۟ أَنفُسَكُمُ ۖ ٱلْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ ٱلْهُونِ بِمَا كُنتُمْ تَقُولُونَ عَلَى ٱللَّهِ غَيْرَ ٱلْحَقِّ وَكُنتُمْ عَنْ ءَايَٰتِهِۦ تَسْتَكْبِرُونَ

Artinya: "Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat kedustaan terhadap Allah atau yang berkata, 'Telah diwahyukan kepada saya,' padahal tidak ada diwahyukan sesuatupun kepadanya, dan orang yang berkata, 'Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah.' Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, sambil berkata, 'Keluarkanlah nyawamu' di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya."

Di dalam hadis juga di jelaskan Bahwa rasullah SAW bersabda: 

الْقَبْرُ أَوَّلُ مَنْزِلٍ مِنْ مَنَازِلِ الْآخِرَةِ فَإِنْ نَجَا مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَيْسَرُ مِنْهُ وَإِنْ لَمْ يَنْجُ مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أشَدُّ مِنْه رَوَاهُ التَّرْمُذِيُّ

Artinya: "Kuburan ialah tempat pertama dari beberapa tempat akhirat, jika ia selamat darinya, maka sesudahnya lebih mudah darinya, dan jika tidak selamat, maka sesudahnya lebih berat darinya." (HR. Tirmidzi)

BACA JUGA:Anak yang Lahir di Tiga Tanggal Ini Disebut Sangat Istimewa dan Punya Bakat Luar Biasa, Cek Buah Hatimu

Berdasarkan ayat ayat di atas telah dengan jelas bahwa siksaan kubur amatlah pedih, maka dari itu kita sebagai Umat Islam hendaknya takut dan banyak memohon kepada Allah SWT agar di jauhkan dari siksaan kubur. Untuk itulah artikel ini akan membahas 2 doa yang bisa di amalkan agar terhindar dari siksaan kubur.

Doa yang di anjurkan Rasullah SAW tersebut bisa dibacakan setelah membaca doa Tasyahud akhir Seperti yang dijelaskan oleh aikh Wahbah Az-Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Juz 2, berikut pembahasaan selengkapnya:

1. Bacaan Doa Versi Pertama

Untuk versi pertama dari doa ini di nukil berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah RA yyang berbunyi, "Jika kalian telah selesai membaca tasyahud akhir, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari empat perkara, dari siksa neraka Jahannam, dari azab kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, dan dari bencana Dajjal."

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: