Urutan 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dollar Amerika Masih Bisa Atur Ekonomi Dunia

Urutan 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dollar Amerika Masih Bisa Atur Ekonomi Dunia

Nilai tukar uang Dolar Amerika saat ini--

RADARUTARA.ID- Tahukan Anda, bahwa mata uang tertinggi di dunia saat ini justru bulan dolar America?

Menurut Ekonom Universitas Airlangga (Unair), Prof Rossanto Dwi Handoyo, SE, M.Si, PhD, sampai hari, ini mata uang dolar masih dijadikan sebagai mata uang dunia karena adanya perjanjian Bretton Woods.

Perjanjian, itu menghasilkan sistem Bretton Woods. Yakni sistem dimana dolar AS akan menggunakan emas sebagai standar dan nilai mata uang lainnya akan bertaut pada nilai dolar AS. 

"Bretton Woods muncul setelah era Perang Dunia Kedua ketika di antara beberapa negara melakukan transaksi perdagangan dan menghasilkan kekacauan pembayaran. Mereka bingung, mata uang lokal, tidak diterima kalau dengan emas, harganya fluktuatif," ujarnya dikutip pada 8 Januari 2023.

BACA JUGA:5 Kota Tersepi di Indonesia, Cocok untuk Introvert

Sebenarnya, nilai tukar mata uang fluktuatif. Sebagian besar mata uang bersifat mengambang. Artinya, nilainya berfluktuasi tergantung dengan permintaan dan penawaran. 

Tapi ada beberapa mata uang dipatok yang berarti nilainya reaktif terhadap mata uang lain (seperti dolar AS) ditetapkan pada nilai tukar yang disepakati. 

Misalnya dolar Australia, dipatok terhadap dolar AS hingga tahun 1983. Tapi kini beroperasi dengan nilai tukar mengambang. Artinya nilai dolar Australia naik dan turun sesuai faktor penawaran dan permintaan. 

Dalam konteks, ini ada beberapa mata uang terkuat atau tertinggi di dunia berdasarkan jumlah unit mata uang asing yang diterima dengan imbalan terkuat menurut open exchange yang berhasil dikutip dari Forbes. 

BACA JUGA:Lagi Viral, Ini Manfaat Suntik DNA Salmon untuk Kecantikan, Mengatasi Segala Permasalahan Kulit

Nah, berikut ini daftar 10 mata uang tertinggi di dunia:

1. Mata Uang Dinar Kuwait (KWD)

Mata uang terkuat di dunia adalah dinar Kuwait. Perhitungannya, 1 dinar Kuwait bernilai 3,26 dolar AS (atau dengan kata lain, 1 US$ sama dengan 0,31 dinar Kuwait).

Negara yang terletak di antara Arab Saudi dan Irak ini, memperoleh sebagian besar kekayaannya dari menjadi eksportir minyak global terkemuka. Dinar Kuwait diperkenalkan pada tahun 1960-an dan awalnya dipatok ke pound Inggris sebelum dipatok kembali ke sekeranjang mata uang yang dirahasiakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: