5 Kota Tersepi di Indonesia, Cocok untuk Introvert

5 Kota Tersepi di Indonesia, Cocok untuk Introvert

5 Kota Tersepi di Indonesia, Cocok untuk Introvert--

RADARUTARA.ID - Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi penduduk paling banyak dan menempati urutan keempat di dunia.

Namun, penyebaran penduduk masih tidak merata lantaran masih ada kota tersepi di Indonesia dengan penduduknya yang bisa dikatakan masih sedikit. Supaya semakin tahu tentang kota-kota tersepi yang ada di Tanah Air simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Dari data Kementerian dalam Negeri Republik Indonesia pada tahun 2019, menyebutkan bahwa sebagai  besar masyarakat di Indonesia kebanyakan menghuni Pulau Jawa dengan porsi lebih dari 50% yaitu penduduk Indonesia.

BACA JUGA:Viral di Tahun 1975an, Seorang Dalang Pentas Wayang di Kerajaan Gaib Pantai Laut Selatan

Tentu saja, akan ada kota di luar Pulau Jawa dengan penduduknya yang masih sedikit. Ini dia beberapa kota tersepi yang ada di Indonesia:

1. Kota Subulussalam di Aceh

Kota Subulussalam merupakan salah satu kota paling sepi di Indonesia. Kota ini berdiri pada tahun 2007 dan memiliki kepadatan penduduk cuma 67 jiwa per km persegi. Kota Subulussalam memiliki luas kurang lebih 1.391 km persegi.

2. Kepulauan Tidore di Maluku Utara

Kepulauan Tidore adalah kota yang terletak di salah satu provinsi hasil pemekaran, yaitu Maluku Utara. Kepulauan Tidore dikenal sebagai pusat penghasil rempah-rempah di Tanah Air. Kepadatan penduduknya hanya berkisar 71 jiwa per km persegi.

BACA JUGA:Begini Resep Rahasia Merawat Kecantikan ala Aisyah Istri Rasulullah SAW

3. Kota Dumai di Riau

Kota Dumai terlegam di Provinsi Riau dan menjadi salah satu kota penghasil minyak di Tanah Air. Hal ini yang membuat Kota Dumai menjadi salah satu kota terkaya di Indonesia.

Tetapi, kota ini cuma memiliki kepadatan penduduk sekitar 174 jiwa per km persegi saja. Kota Dumai sendiri memiliki luas wilayah sekitar 1.772 km persegi.

4. Kota Sungai Penuh di Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: