Tripika Ketahun Gotong Royong Bersihkan Sampah di Titik Lokasi Langganan Banjir

Tripika Ketahun Gotong Royong Bersihkan Sampah di Titik Lokasi Langganan Banjir

Kapolsek Ketahun lakukan agenda gotong royong bersama warga--

RADARUTARA.ID- Aksi gotong royong membersihkan sampah dilaksanakan oleh jajaran Tripika Ketahun yang terdiri dari pihak kepolisian Polsek Ketahun, TNI AD dari Koramil Ketahun, petugas Damkar, pemerintah desa hingga masyarakat di lingkungan Desa Giri Kencana kepada titik-titik lokasi yang dinilai rawan banjir pada Selasa (9/1) hari, ini.

Sesuai data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh radarutara.id, aksi gotong royong membersihkan sampah, ini khususnya terpusat disepanjang saluran drainase atau siring yang ada di sepanjang lingkungan Perumnas Desa Giri Kencana.

"Aksi bersih sampah sengaja kita fokuskan kepada saluran siring di areal Perumnas Desa Giri Kencana. Karena lokasi tersebut sering menjadi langganan banjir ketika musim hujan," terang Kapolsek Ketahun, Iptu Freddy Simaremare, SH.

BACA JUGA:Angkutan Berhasil Dievakuasi, Polisi Pastikan Minyak CPO yang Tumpah ke Sungai Tak Cemari Lingkungan

"Bukti konkretnya saat hujan deras kemarin turun. Air di sepanjang siring yang ada di areal Perumnas ini meluap dan merendam rumah warga. Dan setelah kita monitoring, ternyata beberapa faktor penyebabnya adalah kapasitas saluran siring yang kurang lebar dan tinggi serta dipicu sampah yang menumpuk," imbuh Kapolsek.

Dari aksi gotong royong, ini dikatakan Kapolsek, beberapa sampah yang menumpuk atau menyumbat di areal siring berhasil diangkat. Diharapkan Kapolsek, setelah adanya aksi ini lingkungan setempat bisa lebih siap dalam menghadapi musim penghujan dan potensi banjir bisa diminimalisir. 

"Semoga setelah dibersihkan, saluran air menjadi lancar dan potensi banjir bisa diminimalisir dibanding situasi biasanya," pintanya.

BACA JUGA:Jokowi Minta Kades Jaga Perputaran Uang Dana Desa di Desanya Masing-masing

Lebih jauh, Kapolsek, juga menegaskan, bahwa aksi gotong royong membersihkan sampah, ini bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit yang dapat menganggu kesehatan masyarakat. 

"Minimal kemunculan penyakit seperti serangan nyamuk DBD juga bisa kita cegah. Karena lingkungan yang kotor pada saat Pancaroba bisa menjadi sumber penyakit. Selebihnya kami juga menekankan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan peduli terhadap lingkungannya masing-masing agar lebih siap dalam menghadapi peralihan musim penghujan," demikian Kapolsek.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: