Program Kartu Prakerja Kembali Dibuka Tahun Ini, Kapan Pendaftarannya? Cek Syarat dan Cara Daftar di Sini

Program Kartu Prakerja Kembali Dibuka Tahun Ini, Kapan Pendaftarannya? Cek Syarat dan Cara Daftar di Sini

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-63 segera dibuka--

RADAR UTARA ID- Pemerintah akan membuka kembali program kartu prakerja di tahun 2024 ini. Pengumuman, itu disampaikan langsung melalui akun resmi Prakerja. "Pendaftaran udah dibuka lagi nih Sob! Langsung meluncur ke www.prakerja.go.id dan klik "Daftar Sekarang" untuk buat akun kamu sekarang juga," tulis akun @Prakerjs.go.id.

Sekedar informasi, belum diketahui pasti kapan pendaftaran untuk gelombang ke 63 tahun ini dibuka. Sedangkan gelombang ke 62 telah ditutup tahun lalu. 

Informasi tentang pembukaan gelombang bisa dilihat dari dasbor Prakerja serta akun media sosial milik program tersebut. 

Program yang sudah berlaku di tahun sebelumnya ditujukan untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Peserta akan mendapat mulai dari saldo bantuan pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif biaya mencari kerja Rp 600 ribu dan pengisian survei evaluasi Rp 50 ribu x 2 survei. 

BACA JUGA:Ini Dia Jumlah Rekrutmen CASN untuk Fresh Graduate Tahun 2024

Nah, bagi masyarakat yang tertarik untuk mengikuti program ini harus memenuhi syarat. Salah satunya, beberapa pekerjaan yang tidak bisa mengikuti Prakerja. Berikut ini syarat-syaratnya:

1. WNI berusia 18-64 tahun

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

3. Sedang mencari pekerjaan, pekerja/buruh terkena PHK atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja seperti pekerja yang dirumahkan dan bukan penerima upah, serta pelaku usaha mikro dan kecil.

4. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN atau BUMD

5. Penerima manfaat hanya bisa untuk dua NIK tiap satu Kartu Keluarga

BACA JUGA:Pelamar Wajib Tau, Begini Contoh Soal Wawancara untuk PTPS

Cara Daftar Kartu Prakerja

1. Akses www.prakerja.go.id atau langsung ke link berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: