Pekan Awal Tahun 2024, Masih Banyak Desa Belum Tetapkan APBDes

Pekan Awal Tahun 2024, Masih Banyak Desa Belum Tetapkan APBDes

APBDES Ilustrasi--

RADARUTARA.ID- Memasuki awal tahun 2024 ini, banyak desa di Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara yang masih belum melaksanakan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024.

Camat Hulu Palik, Sahermansyah tidak menyangkal hal itu. Hanya saja ia tidak ingin menyebut secara gamblang soal desa mana saja yang belum berhasil menyelesaikan APBDes 2024 tersebut.

"Iya memang banyak yang belum. Tapi semuanya sudah berproses sekarang. Kalau datanya nanti kita chek lagi," ujarnya ketika dikonfirmasi radarutara.id, Jumat (5/1/2024).

BACA JUGA:3 PJ Kades di Kecamatan Hulu Palik di Lantik, Camat Pesankan Hal Ini

Camat mengatakan lambannya proses penetapan APBDes tersebut di pengaruhi beberapa faktor, salah satu faktor utamanya yaitu rendahnya kualitas jaringan internet di wilayah Kecamatan Hulu Palik.

"Banyak desa mengeluh karena jaringan internetnya susah. Apalagi di wilayah Desa Kota Lekat. Mereka kesulitan saat akan mengakses aplikasi sistem keuangan desa atau Siskeudes. Jadi ini salah satu persoalan yang di hadapi desa," jelasnya.

Hanya saja meski demikian, pihaknya tetap terus meminta seluruh desa di wilayah kerjanya untuk segera menyelesaikan APBDes 2024. Pasalnya, sesuai ketentuan penetapan APBDes tersebut harus sudah selesai  tanggal 31 Desember 2023 lalu. 

"Jika penetapan APBDes terlambat maka konsekuensinya  pencairan Dana Desa pertama di tahun anggaran 2024 terhambat," jelasnya.

"Maka itu ini harus menjadi perhatian serius para kepala desa. Khusunya untuk para PJs Kades yang baru saja di lantik," imbuhnya memungkas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: