Jokowi Minta Kades Belanjakan Uang Dana Desa di Wilayah Masing-masing

Jokowi Minta Kades Belanjakan Uang Dana Desa di Wilayah Masing-masing

Presiden RI, Ir Joko Widodo--

RADARUTARA.ID- Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa sejak tahun 2015 hingga sekarang. Pemerintah telah menggelontorkan dana desa sebanyak Rp 539 triliun yang disalurkan ke desa-desa. 

Presiden menjelaskan, jumlah dana desa yang telah disalurkan itu bukanlah angka yang kecil jika dibandingkan dengan anggaran sejumlah pembangunan proyek pemerintah lainnya.

"Rp539 triliun. Niku duit kathah sanget lho (itu uang banyak sekali lho),” ujar Jokowi dilansir siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (3/1/2024).

BACA JUGA:Dana Desa Naik 1,42 Persen di Tahun 2024, Ini 3 Prioritas Peruntukannya

Oleh karena itu, Jokowi berharap dana desa ke depannya bisa digunakan dan di kelola dengan lebih baik sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.

Presiden pun memberikan contoh agar dana desa itu lebih banyak manfaatnya, salah satunya yaitu dengan membeli bahan-bahan bangunan dari dalam daerah agar perputaran uang di desa lebih besar pada saat kegiatan pembangunan fisik desa berlangsung.

"Saya sering ucapkan bolak-balik. Misalnya beli batu batanya di desa atau paling jauh di kecamatan saja. Meskipun dari luar daerah bisa terlihat murah, tapi dengan begitu maka perputaran uangnya jadi berpindah," jelas Jokowi.

BACA JUGA:Arah Kebijakan Pengelolaan Dana Desa 2024, Ini Poin Penting yang Perlu Dilakukan Desa

Oleh karena itu, orang nomor satu di Indonesia itu mengimbau para kepala desa agar kegiatan perekonomian di sebuah dasa dapat mendorong peredaran dan perputaran uang di wilayahnya masing-masing.

"Biarkan uang itu beredar meskipun harganya sedikit lebih mahal tapi uangnya beredar di desa kita," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: