Apakah Boleh Sholat Tahajud tapi Belum Tidur? Ini Jawaban Lengkap Ustadz Adi Hidayat

Apakah Boleh Sholat Tahajud tapi Belum Tidur? Ini Jawaban Lengkap Ustadz Adi Hidayat

Apakah Boleh Sholat Tahajud tapi Belum Tidur? Ini Jawaban Lengkap Ustadz Adi Hidayat--

RADARUTARA.ID - Sebagian orang mungkin masih bingung mengenai jawaban dari pertanyaan tersebut. Pasalnya beberapa di antara umat muslim memilih untuk tidak tidur agar tidak terlewat demi menunaikan sholat tahajud

Sholat tahajud sendiri adalah salah satu ibadah sunah yang memiliki banyak keutamaan di dalam agama Islam. Sholat tahajud merupakan ibadah yang istimewa lantaran mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh siapa saja bagi yang mengerjakannya.

Namun, sholat tahajud wajib dikerjakan pada malam hari sehingga beberapa orang lebih memilih tidur dibandingkan mengerjakannya. 

BACA JUGA:5 Shio Ini Diramalkan Bakal Hoki Besar di Tahun 2024, Cuan Mengalir Deras

Lalu apakah boleh sholat tahajud tanpa tidur? Ustad Adi Hidayat menjelaskan tentang pertanyaan ini. Menurutnya, sholat tahajud wajib didahulu dengan tidur terlebih dahulu. Hal ini karena berhubungan dengan hukum, jadi tidak bisa ditawar. 

"Jika itu hukumnya maka tidak bisa ditawar, jika tahajud itu diawali dengan tidur, maka kamu tidur dulu, adapun artinya berasal dari kata hajada yang bermakna tidur baru bangun," ucap Ustadz Adi Hidayat

Lebih lanjut UAH mengungkapkan waktu bangun tidur untuk sholat tajahud. Kalau kamu sudah tidur dan berniat ingin mengerjakan sholat tahajud, maka waktu bangun tak wajib pukul 2 pagi. 

"Makanya kamu rencanakan terlebih dahulu, mau jam berapapun kamu bangun, tidak wajib jam 2, kamu bangun jam 1 boleh sholat tahajud, jadi kamu tidur dulu," ujar Ustadz Adi Hidayat. 

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu, Ini 7 Doa Pembuka Pintu Rezeki Paling Ampuh untuk Diamalkan di Awal Tahun 2024

Lantas bagaimana kalau seseorang yang berniat melakukan tahajud tetapi sulit untuk bangun?UAH mengungkapkan bahwa lebih baik mengerjakan sholat qiyamul lail, yakni 4 rakaat sesudah sholat Isya. 

"Kamu bisa lakukan yang namnaya qiyamul lail, lalu menunaikan sholat sunah terlebih dahulu sebanyak 4 rakaat atau minimal 2 rakaat. Sholat malam itu minimal 2 rakaat, sesudahnya dilanjutkan dengan witir minimal 1 rakaat. Setelah itu kamu mengambil waktu tidur," lanjutnya. 

Kalau umat muslim tiba-tiba malam hari bangun sesudah mengerjakan sholat qiyamul lail, maka disahkan untuk sholat tahajud lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: