Bolehkah Mandi Junub Keramas Tanpa Menggunakan Sampo? Begini Penjelasan Lengkapnya

Bolehkah Mandi Junub Keramas Tanpa Menggunakan Sampo? Begini Penjelasan Lengkapnya

Bolehkah Mandi Junub Keramas Tanpa Menggunakan Sampo? Begini Penjelasan Lengkapnya--

RADARUTARA.ID - Banyak orang mengetahui bahwa mandi junub adalah kegiatan yang mengguyurkan air ke seluruh badan, mulai dari ujung kepala sampai kaki ketika dalam keadaan berhadas besar (junub). Lalu, sah atau tidak kalau mandi junub keramas tanpa menggunakan sampo?

Mandi junub dilakukan ketika seseorang baik itu laki-laki atau perempuan Muslim dalam keadaan junub, contohnya seusai berhubungan dan mimpi basah.

Masyarakat biasanya mandi dengan menggunakan sabun dan keramas dengan menggunakan sampo, tak terkecuali ketika mandi junub. Keramas merupakan kegiatan membersihkan rambut dengan sampo untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala.

BACA JUGA:Dahi Berkerut Sepanjang Hari, 7 Zodiak Ini Disebut Kurang Beruntung Ditahun 2024

Rukun wajib mandi besar atau mandi junub ada dua hal. Yang pertama, niat mandi wajib atau niat menghilangkan hadas besar. Yang kedua, membasahi seluruh badan dengan air, mulai dari ujung rambut kepala hingga ujung kaki.

Kalau dua rukun ini telah terpenuhi, maka mandi junub sudah dinilai sah. Tak hanya itu, kedua rukun ini wajib dipenuhi. Hal ini seperti yang disebutkan oleh Syaikh Salim bin Sumair Al-Hadhrami dalam kitab Safinatun Najah berikut ini:

Artinya: Rukun mandi wajib itu ada dua, yakni niat dan meratakan air ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Hanya dengan Meminum 5 Ramuan Herbal, ini Racun Auto Hilang dan Ginjal Menjadi Bersih

Dalam sebuah hadis diceritakan bahwa saat Nabi Muhammad keramas mandi junub, beliau cuma menggunakan air, dan tidak menggunakan pembersih apapun, contohnya seperti sabun atau sampo. 

Berikut ini hadisnya:

Artinya: Diriwayatkan Aisyah, istri Nabi, sesungguhnya saat Nabi Muhammad akan mandi besar, maka beliau memulainya dari membasuh kedua tangan, kemudian wudhu seperti wudhu untuk salat, memasukkan jari tangan ke dalam air (untuk dibersihkan), lalu membersihkan sela-sela rambut, dilanjutkan menyiramkan air di atas kepala tiga ciduk dan meratakan air ke seluruh bagian tubuh.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan mandi wajib tetap sah walaupun tidak keramas menggunakan sampo. Dalam hal ini, meratakan air dari ujung rambut sampai ujung kaki, baik area yang mempunyai lipatan, pangkal rambut ataupun tubuh yang tampak dari luar adalah poin yang paling penting dalam mandi junub.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: