11 Destinasi Wisata Bukittinggi yang Nggk Boleh Dilewatkan Saat Liburan Dipenghujung 2023 Ini

11 Destinasi Wisata Bukittinggi yang Nggk Boleh Dilewatkan Saat Liburan Dipenghujung 2023 Ini

11 Destinasi Wisata Bukittinggi yang Nggk Boleh Dilewatkan Saat Liburan Dipenghujung 2023 Ini--

RADARUTARA.ID- Bukittinggi merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki banyak potensi wisata. Kota yang terletak di kaki Gunung Merapi ini menawarkan berbagai macam tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata budaya.

1. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan ikon kota Bukittinggi yang sudah terkenal hingga mancanegara. Jam bersejarah ini dibangun pada tahun 1926 oleh pemerintah Hindia Belanda.

Jam Gadang memiliki empat buah kubah yang melambangkan empat suku utama di Minangkabau, yaitu Suku Koto, Suku Piliang, Suku Caniago, dan Suku Sikumbang.

Selain sebagai ikon kota, Jam Gadang juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Jam ini dibangun pada masa penjajahan Belanda, dan merupakan salah satu simbol perlawanan rakyat Minangkabau terhadap penjajah.

BACA JUGA:Xiao Lake, Villa dengan Pemandangan Tepi Danau Mas Harun Bastari di Rejang Lebong Bengkulu

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan salah satu tempat wisata alam paling populer di Bukittinggi. Ngarai ini memiliki panjang sekitar 15 kilometer dan lebar 200 meter. Tebing-tebing yang curam dan menjulang tinggi di kiri dan kanan ngarai membuat Ngarai Sianok terlihat sangat indah.

Di Ngarai Sianok, pengunjung dapat menikmati berbagai macam aktivitas, seperti berfoto, bersantai, atau melakukan berbagai macam olahraga alam, seperti hiking, rappelling, dan panjat tebing.

3. Lobang Jepang

Lobang Jepang merupakan sebuah bunker yang dibangun oleh tentara Jepang pada masa penjajahan. Bunker ini memiliki panjang sekitar 1 kilometer dan memiliki banyak cabang. Lobang Jepang menjadi saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Lobang Jepang memiliki struktur yang sangat kompleks. Bunker ini terdiri dari berbagai macam ruangan, seperti ruang penyimpanan senjata, ruang penjara, ruang dapur, dan ruang pengintaian.

BACA JUGA:Anti Bosan, Ini 3 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Liburan di Rumah Saja

4. Janjang Saribu dan Great Wall

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: