5 Surat Paling Istimewa di dalam Al-Qur'an yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kehidupan

5 Surat Paling Istimewa di dalam Al-Qur'an yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kehidupan

Catat Ini 5 Surat Paling Istimewa di dalam Al-Qur'an yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kehidupan--

RADARUTARA.ID - Al-Qur’an  merupkan pedoman hidup bagi seluruh umat muslim. Terdiri dari 30 juz dan 114 surat ada dalam Al-Qur’an. Kitab suci terakhir umat muslim ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Ayat Al-Qur’an pertama kali turun pada tanggal 17 Ramadhan. Hari tersebut kita sebut dengan Nuzulul Quran. Proses yang dilakukan secara berangsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari.

Dalam Al-Qur’an terkandung ajaran, hukum, petunjuk dan hikmah yang bisa mengarahkan kehidupan muslim. Bahkan, ada banyak keutamaan di setiap surat yang kita baca. Ada beberapa surat dari 114 surat tersebut yang harus kita ketahui keistimewaannya.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata di Banyuwangi Ini Tidak Kalah dari Bali, Cocok Jadi Tempat Liburan Nataru

Berikut ini Surat Paling Istimewa di dalam Al-Qur’an yang Memiliki banyak Keutamaan:

1. Surat Al-Mulk (surat ke-67)

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, “Bagi siapa yanh membaca “Tabaraokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) di setiap malam, niscaya Allah akan menghalanginya dari siksa di kubur. Kami pada masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut dengan “Al-Mani’ah” sebagai penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam kitabullah. Bagi siapa yang membacanya di setiap malam, niscaya dia sudah memperbanyak dan sudah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim).

Jadi kalau kamu dan keluarga ingin terhindar dari siksa kubur yang menyeramkan, maka biasakan membaca surat yang ada pada juz 29 ini di setiap malam atau menjelang tidur.

2. Surat Al-Waqiah (surat ke-56)

Surat Al-Waqi’ah terkenal mempunyai banyak manfaat yakni menghindarkan kita dari sikap lalai, menjauhkan diri dari kefakiran, hingga menjaga kita dari kemiskinan. Allah akan menjaga kita dari bermacam kemiskinan, kemelaratan hingga kesusahan. Dengan rutin membaca surat ini, maka semua kesulitan kita akan dihilangkan.

BACA JUGA:Deretan Taman Rekreasi Terbesar di Indonesia, Cocok Dikunjungi Saat Libur Nataru!

3. Surat Ar-Rahman (surat ke-55)

Jika kita membaca Surat Ar-Rahman, niscaya akan memperoleh syafaat pada hari kiamat, dan diridhoi oleh Allah atas nikmat apapun yang diberikan Allah untuk kita. 

Jika seorang muslim meninggal dalam kondisi sedang atau sudah membaca surat ini, niscaya dia akan meninggal dalam kondisi syahid. Hal imo sesuai pada hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ja’far.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: