Mengganggu Penampilan, Ini Cara Ampuh untuk Menghilangkan Komedo Hitam di Wajah

Mengganggu Penampilan, Ini Cara Ampuh untuk Menghilangkan Komedo Hitam di Wajah

Mengganggu Penampilan, Ini Cara Ampuh untuk Menghilangkan Komedo Hitam di Wajah--

RADARUTARA.ID - Sumbatan pada pori-pori kulit akan menimbulkan komedo di wajah. Masalah kulit seperti ini bisa dialami oleh semua orang dengan semua jenis kulit. 

Komedo sendiri terdiri dua jenisnya, yakni blackhead atau komedo hitam dan whitehead atau komedo putih. Lantaran berwarna gelap, komedo hitam umumnya dianggap lebih mengganggu penampilan dibandingkan dengan komedo putih.

Komedo hitam terbentuk akibat adanya pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati, minyak berlebih hingga bakteri yang terperangkap di folikel rambut. Saat terjadi oksidasi, komedo bagian luar berubah menjadi hitam.

Komedo ini umumnya muncul di area tubuh yang berminyak, diantaranya ada di hidung, dagu, hingga bagian punggung.

BACA JUGA:Jangan Sembarang Pencet, Begini Cara Alami untuk Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Wajar saja jika kamu merasa tidak nyaman dengan munculnya komedo hitam. Tetapi, kamu tidak perlu bingung, coba terapkan beberapa cara menghilangkan komedo hitam seperti di bawah ini:

1. Rajin Cuci Muka

Dianjurkan untuk mencuci wajah sebanyak dua kali sehari untuk membersihkan kotoran pada kulit. Tetapi, harus diingat jangan terlalu sering mencuci muka pasalnya bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi.

2. Rutin Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati mampu mencegah timbulnya bermacam permasalahan kulit. Karena, tumpukan kulit mati selama ini menjadi biang munculnya komedo hitam. 

Eksfoliasi bisa kamu dilakukan seminggu sekali saja. Eksfoliasi dianjurkan untuk dilakukan dengan penggunaan skincare yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA). AHA akan bekerja dengan mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, hingga membuat kulit menjadi lebih lembut.

Walaupun demikian, rutinitas ini tidak boleh dilakukan terlalu sering lantaran akan menyebabkan kulit menjadi iritasi.

BACA JUGA:4 Perawatan yang Bisa Hilangkan Bopeng di Wajah secara Cepat dan Ampuh

3. Pilih Makeup atau Skin Care yang Noncomedogenic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: