Benarkah Harus Mandi Setelah Melayat? Begini Hukumnya dalam Islam

Benarkah Harus Mandi Setelah Melayat? Begini Hukumnya dalam Islam

Benarkah Harus Mandi Setelah Melayat? Begini Hukumnya dalam Islam--

RADARUTARA.ID - Biasanya, Umat Islam langsung mandi setelah mereka takziah atau melayat ke kerabat, tetangga, atau bahkan keluarga yang meninggal dunia. Bahkan ada pula beberapa keyakinan menyebutkan bahwa orang yang pulang takziah wajib mencuci kaki dan tangannya sebelum masuk ke dalam rumah.

Lalu, apa hukum mandi setelah takziah? Apakah dalam Islam mewajibkan umat Islam yang baru pulang takziah untuk langsung mandi atau cuci kaki dan tangan sebelum masuk ke dalam rumah?

Sesungguhnya, dalam Islam tidak mewajibkan umat muslim yang pulang melayat atau habis bertakziah untuk langsung mandi atau membersihkan diri. Aturan mandi ini sebenarnya kembali pada kepercayaan pribadi masing-masing.

BACA JUGA:Tips Aman Berkendara Selama Liburan Akhir Tahun 2023, Pastikan Semua Penumpang Bahagia & Menikmati Perjalana

Mandi sesudah melayat cuma dianjurkan untuk membersihkan dan menjaga kesucian diri. Hal ini berasal dari emosi dan kondisi fisik yang mungkin berdampak sesudah mengunjungi kerabat yang sedang berduka. Mandi dipercaya mampu memperbaiki emosi yang sempat terguncang atau terganggu sesudah pulang bertakziah.

Selain itu, ada keyakinan yang menyebutkan bahwa tubuh akan melemah kalau seseorang bersentuhan dengan mayat. Maka dari itu, umat Islam dianjurkan berwudhu terlebih dahulu untuk mengembalikan kekuatan pada tubuh.

Hal ini diungkapkan dalam Hasyiatut Thahawi ala Maraqi Al-Falah.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan, Begini Aturan Minum Susu UHT Bagi Anak

Adapun hikmah yang dianjurkan mandi sesudab memandikan jenazah adalah mungkin seperti yang disebutkan dalam kitab Hasyiah Al-Bujairimi ala Al-Khatib, ini adalah bagian kitab-kitab ulama Syafi'iyah, Imam Al-Bujairimi berkata; 

Dasar anjuran mandi sesudah memandikan jenazah yaitu untuk menghilangkan kelemahan tubuh orang memandikan yang disebabkan karena bersentuhan dengan tubuh yang tanpa ruh.

Adapun wudhu sesudah membawa jenazah juga sunnah, bukanlah wajib. Imam Al-Tahawi berkata; Dikatakan bahwa hikmah dianjurkan untuk wudhu yaitu karena bersentuhan dengan mayat menyebabkan tubuh menjadi lemah, dan wudhu serta mandi akan menyegarkan kembali.

BACA JUGA:Kirain Jakarta, Ternyata Ini Kota Modern Pertama di Indonesia

Hal berbeda berlaku kalau kamu ikut memandikan mayat ketika bertakziah. Umat Islam yang ikut memandikan mayat wajib mandi ketika pulang ke rumah.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: