Terbengkalai, Bank Sampah Giri Mulya Malah Jadi Sarang Hantu

Terbengkalai, Bank Sampah Giri Mulya Malah Jadi Sarang Hantu

TPS 3R Ngudi Mulyo yang kini jadi sarang hantu--

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID - Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) atau biasa disebut Bank Sampah, yang dibangun oleh Pemkab Bengkulu Utara di Desa GIRI MULYA, Kecamatan GIRI MULYA Kabupaten Bengkulu Utara terbengkalai. 

Akibatnya tempat yang seharusnya dipergunakan sebagai pusat daur ulang sampah yang dibangun dengan anggaran ratusan juta rupiah itu menjadi sarang hantu

Bahkan, kondisi bangunan serta alat-alat pengelolaan sampah menjadi pupuk itu telah tidak terurus dan terkesan dibiarkan oleh pengelolaannya.


Kondisi TPS 3R Ngudi Mulyo Giri Mulya yang tak dioperasikan--

Ketua RT 6 Dusun I Desa Giri Mulya, Susanto mengaku miris melihat kondisi aset pemerintah daerah tersebut. Akibat sudah lama tak dikelola, pekarangan bank sampah dipenuhi rumput liar.

"Bangunan ini merupakan bantuan dari DLH, dan diresmikan langsung oleh pak Bupati Bengkulu Utara, tujuannya agar sampah dari pasar dan rumah warga bisa didaur ulang ditempat ini,"jelasnya.

Tidak hanya bangunan saja, pria paruh baya tinggal yang tak jauh dari bangunan TPS3R tersebut, mengaku pemerintah juga menyerahkan alat-alatnya canggih dan kendaraan, sebagai penunjang pengolahan sampah di Kecamatan Giri Mulya.

BACA JUGA:Kejari Bengkulu Utara Boyong Penghargaan Terbaik Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Bidang Pencegahan Tahun 2

Namun sekarang, lanjut pak RT, area tempat ini terbengkalai dan tidak terurus, bahkan jadi sarang hantu.

"Kalau malam gelap gulita, jadi kayak sarang hantu jika malam hari," ujarnya.

"Semenjak diresmikan tak ada aktivitas lagi nih bank sampah," timpalnya.

Untuk diketahui, Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir. H. Mian meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Giri Mulya pada Jumat (7/1/2022).

Bangunan ini dikelola oleh kelompok penerima manfaat dan pemelihara adalah Ngudi Mulyo Desa Giri Mulya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: