Jangan Kerokan Melulu! Begini Cara Ampuh Atasi Masuk Angin

Jangan Kerokan Melulu! Begini Cara Ampuh Atasi Masuk Angin

Jangan Kerokan Melulu! Begini Cara Ampuh Atasi Masuk Angin--

RADARUTARA.ID - Masuk angin adalah istilah yang kerap digunakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia saat sedang merasa tidak enak badan akibat angin yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan.

Kondisi masuk angin juga menjadi penyakit yang paling rutin menyerang kekebalan tubuh, ditambah lagi saat musim penghujan datang. Berada di ruangan ber-AC terlalu lama, tubuh yang terkena hujan hingga tak menggunakan jaket biasanya dihubungkan sebagai penyebab umum terjadinya masuk angin.

Kondisi masuk angin juga bisa disebabkan akibat adanya kebiasaan buruk seperti sering begadang, pola makan yang berantakan, kebanyakan mengkonsumsi kafein, hingga sering merokok.

Di Indonesia sendiri, kerokan menjadi cara yang paling biasa untuk dilakukan dalam mengatasi masuk angin. Walaupun begitu, beberapa dokter mengatakan bahwa cara ini kurang tepat lantaran hanya akan membuat pori-pori kulitmu menjadi terbuka dan angin bisa semakin mudah masuk untuk ke dalam tubuh.

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar yang Bisa Ditiru

Maka dari itu, berikut ini beberapa cara dalam mengatasi masuk angin yang bisa kamu lakukan selain kerokan.

1. Menjaga pola makan

Pola makan adalah kunci paling penting dalam mengatasi angin yang terperangkap dalam tubuh. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh atau mengandung pemanis buatan pasalnya lebih sering menghasilkan gas yang menyebabkan perut menjadi kembung dan masuk angin.

Beberapa makanan lainnya yang kerap dihubungkan dengan gas diantaranya ada kacang-kacangan, produk olahan susu, biji-bijian utuh, sayuran hijau, jagung, dan yang lainnya.

2. Olahraga

Melakukan gerakan fisik akan membuat usus ikut bergerak, maknanya gelembung-gelembung kecil gas yang terbuat karena adanya makan dan pencernaan bisa dikeluarkan.

Dari pada melompat-lompat setelah makan, kamu bisa berjalan kaki sesudab makan pasalnya bisa benar-benar membantu dalam mengatasi masuk angin.

BACA JUGA:6 Makanan yang Bisa Disantap Sepuasnya Tanpa Takut Berat Badan Naik

3. Air putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: