Mengenal Pendap, Kuliner Khas Kota Bengkulu yang Diolah Selama 8 Jam

Mengenal Pendap, Kuliner Khas Kota Bengkulu yang Diolah Selama 8 Jam

Mengenal Pendap, Kuliner Khas Kota Bengkulu yang Diolah Selama 8 Jam--

RADARUTARA.ID - Provinsi Bengkulu adalah salah satu Provinsi di Pulau Sumatera yang mempunyai beragam kuliner yang menarik untuk diulas, salah satunya bernama Pendap, yang dulunya menjadi makanan sajian ketika upacara adat sedang berlangsung di Provinsi Bengkulu.

Makanan khas Provinsi Bengkulu ini, tepatnya di Kabupaten Bengkulu Selatan mempunyai citra rasa yang pedas dan Gurih. 

Namun seiring perjalanan waktu, sekarang ini Pendap tidak lagi menjadi makanan yang disajikan ketika upacara adat saja, namun juga sudah menjadi kuliner yang bermasyarakat dan bisa dinikmati kapanpun dan oleh siapapun yang berkunjung ke Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Garuda Indonesia Tebar Promo Tiket Besar-besaran Jelang Libur Nataru, Diskon hingga 80 Persen

Makanan ini berupa ikan yang diolah dengan bumbu rahasia bersama dengan kelapa parut yang kemudian dimasak dalam bungkusan daun talas ataupun daun pisang.

Proses memasak pendap bisa dikatakan cukup lama, yaitu sekitar 8 jam sampai ikan benar-benar masak dan bumbu terserap merata serta daun talas tak lagi membuat rasa gatal pada kulit. Kamu bisa menggunakan bermacam jenis ikan untuk diolah menjadi pendap, diantaranya seperti ikan kakap, gemuru, terusan, atau kembung.

Sedangkan bumbu khusus yang digunakan yaitu bawang putih, bawang merah, ketumbar, cabai, lengkuas, jahe, merica, kencur, garam, hingga penyedap. Bumbu khusus tersebut dihaluskan kemudian dicampur hingga merata dengan parutan kelapa muda.

BACA JUGA:6 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Membuat Aviary Mini, Pemula Wajib Tahu

Ada sebagian bumbu ditumis dan dicampur dengan santan kemudian dimasak sampai matang. Sebagian bumbu yang tidak ditumis, bisa dilumuri merata pada ikan. Lalu ikan dibungkus dengan menggunakan daun talas, dan bagian luarnya dibungkus lagi dengan menggunakan daun pisang kemudian diikat menggunakan daun pandan.

Ikan dan bumbu kemudian direbus selama 8 jam sampai matang. Setelah masak, ikan diangkat kemudian dimasukkan ke dalam santan yang sudab dipanaskan yang dicampur dengan asam kandis. Pendap sangat cocok dijadikan lauk makan nasi yang bisa menggugah selera makan.

Makanan khas Bengkulu ini juga terkenal dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan. Pendap kerap dinikmati sebagai lauk dalam sesi makan bersama keluarga. Sedangkan pada masa lalu, pendap kerap disajikan ketika upacara adat sedang berlangsung.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: