7 Mitos yang Masih Dipercaya di Jawa, Salah Satunya Soal Larangan Menyapu di Malam Hari

7 Mitos yang Masih Dipercaya di Jawa, Salah Satunya Soal Larangan Menyapu di Malam Hari

Berikut 7 Mitos yang Masih Dipercaya di Jawa, Salah Satunya Soal Larangan Menyapu di Malam Hari--

RADARUTARA.ID- Sebagian besar masyarakat di Jawa masih mewariskan keberagaman budaya secara turun menurun, baik itu dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dan salah satunya hal yang saat, ini masih populer bagi masyarakat Jawa, itu adalah tentang Mitos

Mitos sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan, sebagai cerita sesuatu bangsa, tentang dewa dan pahlawan di zaman dulu yang mengandung arti mendalam dan diungkapkan secara gaib. 

Dikutip dari artikel berjudul Mitos-Mitos, Kabupaten Malang yang sempat terbit di jurnal Humaniora Puitika, Mitos sendiri adalah bentuk sastra lisan yang diyakini kebenarannya, bahkan dinilai suci oleh masyarakat. 

Terlepas zaman saat, ini telah moderen tapi masyarakat tetap mempercayai keberadaan Mitos di sejumlah daerah, khususnya Jawa. Nah, berikut ini adalah kumpulan mengenai Mitos yang sampai hari, ini masih dipercayai oleh sebagian besar kalangan masyarakat Jawa yang dikutip dari detikJatim. 

BACA JUGA:Usai Dikritik, Kemenag Turunkan Biaya Haji 2024 Jadi Segini

Berikut Mitos yang masih dipercayai di Jawa

1. Burung Gagak Hitam dan Kematian

Dalam Primbon Jawa, burung gagak hitam erat kaitannya dengan kematian. Konon katanya, apabila terdengar bunyi kicauan burung tersebut menjelang waktu ibadah magrib, maka akan menjadi pertanda kematian.

Bagi mereka yang mempercayainya, ketika seseorang mendekati ajalnya akan tercium bau khas seperti bau mayat, yang dapat mengundang burung predator pemakan bangkai ini mendekat.

2. Larangan Menyapu pada Malam Hari

Mitos selanjutnya adalah larangan menyapu pada malam hari. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, kegiatan ini dapat menghambat datangnya rezeki dan ketentraman dalam berumah tangga.

Pasalnya, suara sapu yang terdengar di malam hari diyakini tidak hanya dapat mengganggu orang di sekitar. Melainkan juga makhluk halus yang tinggal di alam lain.

BACA JUGA:Dikira Merek Luar, Helm Keren Ini Ternyata Produksi Lokal, Auto Borong

3. Duduk Depan Pintu Menghalangi Datangnya Jodoh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: