Desa Harus Cermat Tentukan Skala Prioritas Pembangunan di Musrenbangdes

Desa Harus Cermat Tentukan Skala Prioritas Pembangunan di Musrenbangdes

Musrenbangdes--

RADARUTARA.ID- Camat Putri Hijau, Ahmadi, memastikan, bahwa pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan tingkat desa (Musrenbangdes) di wilayah kerjanya telah berlangsung.

Dikatakan Camat, agenda Musrenbangdes, ini bertujuan untuk menentukan arah pembangunan desa di TA 2025 yang bersumber dari APBD maupun, APBN.

Untuk, itu Camat, berharap, di dalam Musrenbangdes, seluruh desa dapat menentukan usulan pembangunan yang menjadi skala prioritasnya dengan cermat.

"Desa harus cermat dalam menentukan skala prioritas usulan. Intinya, pembangunan yang diusulkan harus memberi dampak positif dan secara langsung kepada masyarakat serta mencakup kepentingan umum," pesan Camat.

BACA JUGA:Uji Coba Selama 2 Minggu, Volume Kendaraan yang Lewat Jembatan Urai Dibatasi, Polisi Himbau Tak Ada Pungli

Selebihnya, lanjut Camat, Musrenbangdes juga ditujukan untuk memfasilitasi kebutuhan atau keperluan desa dalam menunjang kesejahteraan masyarakat baik dari sisi infrastruktur, budaya dan sosial serta ekonomi.

"Skala prioritas yang menjadi usulan ditujukan kepada pembangunan yang tidak tercover atau tidak mampu di danai lewat dana desa (DD)," imbuhnya.

Lebih jauh, hasil dari Musrenbangdes di masing-masing desa ini nantinya tambah Camat, akan dikerucutkan untuk menjadi skala prioritas usulan di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga pusat.

"Hasil dari usulan yang di dapatkan dalam forum resmi Musrenbangdes, ini nanti akan kita bawa bersama-sama untuk diperjuangkan atau dikerucutkan kembali di acara Musrenbangcam. Sehingga kita berharap, dalam kegiatan Musrenbangcam nantinya seluruh perwakilan atau utusan dari masing-masing desa bisa hadir untuk menentukan arah pembangunan yang akan dilaksanakan di TA 2025 mendatang," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: