Bukan Amerika atau Rusia, Ini Deretan Negara yang Ditakuti Israel

Bukan Amerika atau Rusia, Ini Deretan Negara yang Ditakuti Israel

Bukan Amerika atau Rusia, Ini Deretan Negara yang Ditakuti Israel--

RADARUTARA.ID - Ada beberapa negara yang ditakuti Israel. Bahkan, ada beberapa negara Arab yanh menunjukkan sikap bermusuhan terhadap Israel, malah secara terbuka mereka menyatakan Israel adalah musuh. 

Walaupun beberapa negara Arab sudah menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, namun potensi konflik masih ada. Ketegangan dengan negara-negara ini bisa berkembang menjadi konflik besar apabila ada pemicunya.  

Berikut ini merupakan daftar negara-negara yang ditakuti oleh Israel, diantaranya:

1. Mesir 

Mesir merupakan salah satu negara Arab yang selama ini menjadi musuh dari Israel. Mesir menolak pembentukan Israel sebagai negara merdeka di Palestina pada tahun 1948 silam.

Ketegangan antara kedua negara tersebut telah dimulai sejak Perang Arab-Israel di tahun 1948, 1956, dan 1967 yang memperebutkan wilayah. Ketegangan ini kemudian berubah menjadi ketegangan politik. 

BACA JUGA:Bendungan Air Lais, Wisata Padek yang Wajib Dikunjungi di Bengkulu Utara

2. Iran 

Iran merupakan negara yang paling anti Israel. Kedua negara ini mempunyai hubungan yang tegang sejak awal berdirinya Israel di tahun 1948 silam.

Iran merupakan satu-satunya negara yang memberikan suara abstain dalam pemungutan suara untuk mengakui Israel sebagai anggota PBB di tahun 1949 silam. 

Konflik antara kedua negara tersebut semakin memburuk sesudah Revolusi Islam Iran di tahun 1979. 

Pemimpin Tertinggi Iran yang bernama Ayatollah Khomeini, menyebutkan bahwa Israel merupakan musuh Islam dan menolak legitimasi dari negara tersebut. 

3. Yordania 

Yordania dan Israel mempunyai hubungan yang tegang sejak pemberontakan Musim Semi Arab di tahun 2011 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: