Bendungan Air Lais, Wisata Padek yang Wajib Dikunjungi di Bengkulu Utara

Bendungan Air Lais, Wisata Padek yang Wajib Dikunjungi di Bengkulu Utara

Bendungan Air Lais, Wisata Padek yang Wajib Dikunjungi di Bengkulu Utara --

RADARUTARA.ID - Ada banyak wisata menarik di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Tetapi keindahan serta keunikan alamnya menjadi ciri khas tersendiri, salah satu wisata yang tak kalah menarik dari yang lainnya yakni wisata di Bumi Ratu Samban, yang biasa disebut dengan Dam Air Lais Kuro Tidur.

Lokasi wisata ini masih berada didalam wilayah Kecamatan Kota Argamakmur. Letak pastinya berada di Desa Kuro Tidur yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Padang Jaya.

Bendungan ini juga termasuk Bendungan terbesar di Provinsi Bengkulu ini dibangun pada tahun 1980 sampai 1983. 

Keindahan alamnya masih sangat asri, pembangunan bendungan Dam Air Lais Kuro Tidur pada Tahun 1981 berada dibawah naungan Balai Sumatera VII Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Kematian Dr.Suharti Pala Masih Menjadi Misteri, Rumah Besarnya Dibiarkan Terbengkalai Lebih dari 20 Tahun

Pelaksanaan pembangunan berlangsung selama 4 tahun berturut-turut, dengan menggunakan anggaran dana APBN tahun 1980-1983. Bendungan ini banyak manfaatnya untuk petani padi yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Karena kapasitas dari bendungan ini bisa mengairi area persawahan hingga mencapai ribuan hektar.

Saluran bendungan Air Lais Kuro Tidur ini memang cuma dibuat saluran kanan saja. Tetapi, bendungan sangat mendukung produksi padi pada persawahan masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. 

Wisata ini lokasinya berada di tengah perkampungan masyarakat, jadi wisatawan lokal ataupun luar daerah tak perlu khawatir untuk mengunjungi area wisata ini, dijamin aman.

BACA JUGA:Rencana MUI Cabut Sertifikat Halal terhadap Produk Pendukung Israel Ditolak KSP, Begini Katanya

Tetapi, wisata bendungan ini masih perlu sentuhan dari pemerintah daerah ataupun pemerintah provinsi, lantaran kondisi  infrastruktur jalan yang masih belum memadai.

Untuk wisatawan lokal ataupun luar daerah jika ingin mengunjungi wisata ini menggunakan roda dua, harap waspada ketika mengendarai kendaraannya menyusuri jalan koral menuju tempat wisata.

Perjalan menuju kawasan wisata ini, jika dari Kecamatan Kota Argamakmur cuma memakan waktu sekitar 30 menit atau setengah jam perjalanan. Baik menggunakan motor maupun mobil.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: