Mulai Ajarkan Sejak Dini, Ini Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan Dalam Islam

Mulai Ajarkan Sejak Dini, Ini Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan Dalam Islam

Mulai Ajarkan Sejak Dini, Ini Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan Dalam Islam--

RADARUTARA.ID - Makanan merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT dan harus kita syukuri. Sebagai umat Muslim yang beriman, penting bagi kita untuk merenung sejenak sebelum menikmati hidangan lezat yang ada di depan kita.

Membaca doa dengan hati yang tulus, kita seakan berterima kasih kepada Sang Pencipta atas nikmat dari makanan yang diberikan ini, dan juga memohon perlindungan-Nya dari godaan setan yang mengintai.

Ketika kamu bersiap untuk menikmati hidangan, bacalah doa-doa ini, yang sudab tercantum langsung dari Al-Qur'an dan As-Sunnah. Doa sebelum dan sesudah makan ini mampu memberikan berkah pada setiap suapan mu, melahirkan kesadaran dan rasa syukur di setiap hidangannya.

BACA JUGA:Berniat Upgrade Kacamata, Begini Cara Klaim Gratis dari BPJS Kesehatan

1. Doa Sebelum Makan

Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar.

Artinya: "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan karuniakanlah rezeki yang lebih baik dari itu dan peliharalah kami dari siksa api neraka." (HR Ibnu Sunni).

Namun terkadang ada beberapa situasi, seorang Muslim bisa lupa untuk membaca doa sebelum makan, dan teringat saat sudah memulai hidangan.

Maka, berikut ini adalah bacaan doa yang bisa dilafalkan:

Bismillahi awwaluhu wa akhiruhu.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, untuk awal dan akhir (makan)."

Bacaan di atas berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, Rasulullah SAW pun bersabda, "Jika salah seorang kalian ingin makan, sebutlah nama Allah SWT, jika terlupa panjatkanlah doa di atas”.

BACA JUGA:HeHa Sky View, Wisata Terpopuler Yogyakarta dengan Pemandangan Eksotis, Segini Harga Tiketnya

2. Doa Sesudah Makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: