Mencicipi Rendang Lokan, Sajian Khas Mukomuko dengan Kelezatan Tiada Tara

Mencicipi Rendang Lokan, Sajian Khas Mukomuko dengan Kelezatan Tiada Tara

Mencicipi Rendang Lokan, Sajian Khas Mukomuko dengan Kelezatan Tiada Tara--

RADARUTARA.ID - Rendang lokan merupakan salah satu makanan khas dari daerah Kabupaten Muko-Muko yang cukup populer. Makanan ini menggunakan lokan sebagai bahan utamanya, yang mana lokan tersebut bercampur dengan bumbu Rendang.

Rendang lokan umumnya disajikan untuk upacara tertentu seperti untuk lauk makanan, sajian lebaran, syukuran, lahiran, dan yang lainnya.

Mukomuko merupakan nama daerah dengan penghasil lokan, dimana lokan merupakan sejenis kerang muara dari mukomuko dengan rasa yang nikmat dan kerang tersebut mempunyai rasa yang khas dan beda dari kerang lainnya. Muko-Muko adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:10 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Dibawa Pulang Ketika Liburan, Jangan Sampai Terlewatkan

Rasa dari rendang lokan sangatlah unik, mulai dari gurih, pedas, kenyal, serta ada rasa manis alami dari daging lokan itu sendiri. Rendang lokan yang sudah menjadi cokelat kehitaman umumnya mempunyai rasa kaldu yang lebih kuat.

Dan yang paling penying, rendang lokan ini lebih sehat dibandingkan rendang daging. Lantaran lokan atau kerang adalab sumber protein hewani yang paling lengkap. Dengan kandungan semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino esensial merupakan asam amino yang tidak  bisa dibuat di dalam tubuh, sehingga mutlak wajib asalnya dari makanan.

Hal ini sangat menakjubkan lantaram protein dan kemampuannya gampang untuk dicerna dan terserap oleh tubuh sesudah dikonsumsi dengan sekitar 85 sampai 95 persen.

Ini artinya kerang bisa digunakan sebagai sumber protein yang paling baik untuk semua kelompok usia. Selain protein, asam amino, vitamin, dan mineral, kerang juga rendah lemak tak sama seperti rendang daging sapi.

BACA JUGA:5 Kalimat Pujian untuk Anak, Agar Percaya Dirinya Tumbuh dan Jadi Anak yang Cerdas Nantinya

Selain itu, juga ada bahan-bahan atau bumbu lain yang digunakan dalam pemasakan lokan, diantaranya ada lokan itu sendiri, santan, bawang merah, air secukupnya, garam, cabe merah giling, rawit setan, bawang putih giling, lengkuas, jahe, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, batang serai dan bahan lainnya.

Setelah itu, dagingnya akan dimasak dalam jangka waktu sekitar 3 jam tergantung jenisnya. Kemudian rendang siap untuk dihidangkan. Makanan ini dijuluki sebagai kuliner asli Mukomuko dan telah diakui oleh pemerintah yang ada disana.

Jadi apabila kamu datang dan berkunjung ke Muko-Muko bisa langsung mencicipi makanan khas dari daerah ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: