5 Bahasa Pertama di Dunia, Mayoritas Masih Digunakan hingga Saat Ini, Ada Indonesia?

5 Bahasa Pertama di Dunia, Mayoritas Masih Digunakan hingga Saat Ini, Ada Indonesia?

5 Bahasa Pertama di Dunia, Mayoritas Masih Digunakan hingga Saat Ini, Ada Indonesia?--

RADARUTARA.ID - Bahasa adalah ekspresi yang digunakan untuk melakukan komunikasi melalui lisan dan tulisan. Menurut Noam Chomsky, bahasa sudah muncul sekitar 60.000 sampai 100.000 tahun yang lalu di Afrika.

Sebelum ada bahasa di dunia, diperkirakan semua manusia berkomunikasi dengan menggunakan suara-suara yang dihasilkan oleh mulut serta melalui gerakan tubuh saja.

Ada banyak bahasa yang digunakan sampai sekarang ini, ada lebih dari 7.000 bahasa yang masih dibunjam di seluruh dunia.

BACA JUGA:Menarik, Ini Karya Lagu Pertama di Dunia, Sudah Ada Sejak 4.000 Tahun Silam!

Namun dari sekian banyaknya bahasa, ada 5 bahasa paling tua di dunia yang akan kita bahas kali ini. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini: 

1. Bahasa Arab

Bahasa ini telah digunakan oleh 360,2 juta orang yang berusia sekitar 1.500 tahun lalu. Bahasa Arab pertama kali ditemukan dalam sebuah prasasti di Qaryat al-Fāw.

Adapun negara-negara yang menggunakan bahasa Arab diantaranya ada Aljazair, Bahrain, Chad, Komoro, Djibouti, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Mauritania, Maroko, Oman, Qatar, Arab Saudi, Somalia, Sudan, Suriah, Tunisia, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

2. Bahasa Tamil

Bahasa ini adalah bahasa tertua di dunia lantaran usianya lebih dari 5.000 tahun. Awal ditemukan bahasa ini, berasal dari prasasti dan pecahan tembikar sudah ada sejak abad ke-5 SM. Bahasa Tamil biasanya digunakan di negara bagian Tamil Nadu, India dan juga wilayah persatuan Puducherry.

Bahasa ini juga menjadi bahasa resmi di Sri Lanka dan Singapura. Ada juga beberapa jumlah penutur di Malaysia, Mauritius, Fiji, dan Afrika Selatan. Di awal abad ke-21, ada lebih dari 66 juta orang yang menjadi penutur bahasa Tamil.

BACA JUGA:Ingin Weekend yang Menyenangkan? Coba Kunjungi Pantai Air Punggur di Mukomuko Bengkulu

3. Bahasa Sansekerta

Bahasa ini adalah bahasa kuno dari India dan sudah dianggap sebagai bahasanya para dewa. Bahasa Sansekerta sudah berudia sekitar 5.000 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: